PENGARUH KEMAMPUAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTAULI KOTA PEMATANGSIANTAR

Fitria Fadillah Ulfa, Darwin Lie, Marisi Butarbutar, Fitria Halim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui gambaran kemampuan intelektual, motivasi, dan kinerja pegawai pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtauli Kota Pematangsiantar. 2. Untuk mengetahui pengaruh kemampuan intelektual dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtauli Kota Pematangsiantar secara simultan dan parsial.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtauli Kota Pematangsiantar berjumlah 362, dan sampel yang digunakan adalah 190 pegawai. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakanadalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif dengan regresi linier berganda, korelasi determinasi, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Kemampuan intelektual pegawai sudah baik, motivasi tinggi dan kinerja pegawai baik. 2. Hasil analisis regresi adalah Ŷ =41,050+ 0,230X1 + 1,118X2, artinya kemampuan intelektual dan motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai 3. Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,641, artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kemampuan intelektual, motivasi dengan kinerja pegawai. Baik tidaknya kinerja pegawai sebesar 41,1 % dapat dijelaskan oleh kemampuan intelektual dan motivasi. 4. Hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak, artinya kemampuan intelektual dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtauli Kota Pematangsiantar baik secara simultan dan parsial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/maker.v2i2.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

             

Publisher: DEPARTMENT OF MANAGEMENT

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.