PENGARUH PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK A MILD YANG DITAWARKAN OLEH PT DUTA MEDIA INDONESIA AREA PEMATANGSIANTAR (Studi Kasus Pada Konsumen Warung Kopi H Pematangsiantar)

Dwita Suhari Yati Tarigan, Darwin Lie, Efendi Efendi, Erbin Chandra

Abstract


The results of this study can be summarized as follows: 1) Consumers declare that promotion, brand image and purchase decisions A Mild cigarettes are categorized well. 2) Regression analysis result Ŷ = 15,181 + 0,297X1 + 0,765X2, meaning there is positive influence between promotion (X1) and brand image (X2) to decision of purchase (Y) A Mild cigarettes offered by PT Duta Media Indonesia Pematangsiantar Area. 3) Correlation value r = 0,653 which means there is moderately high and positive correlation between promotion, brand image and purchase decision of A Mild cigarettes offered by PT Duta Media Indonesia Pematangsiantar Area. The coefficient of determination is 0,427, meaning that the strongness of purchasing decision is explained by 42,7% by promotion and brand image. 4) Hypothesis Ho rejected, meaning promotion and brand image has a positive and significant effect on the decision of A Mild cigarette purchase offered by PT Duta Media Indonesia Pematangsiantar Area. The suggestion from the research result concludes that A Mild cigarettes offered by PT Duta Media Indonesia Pematangsiantar Area in the influence of purchasing decision, hence company must improve and improve promotion and image of A Mild cigarette brand. The better promotion and brand image of A Mild cigarettes, it will improve the purchase decision of A Mild cigarettes.

Keywords: Promotion, Brand Image and Purchase Decision.


Full Text:

PDF

References


Adirama, A. 2012. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus pada Konsumen Sepeda Motor Satria FU di Kelaten). Kelaten: Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Alfian. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT Hadji Kalla cabang polman. Makassar: Universitas Hasanuddin. Skripsi. Anggar, K. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi kasus pada Konsumen di Kota Semarang). Semarang: Universitas diponegoro. Skripsi. Mowen, John. C dan Michael Minor. 2000. Perilaku Konsumen. Jilid 1. Jakarta:Binarupa Aksara Boyd, et. al. 2000. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Edisi II. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Daft, Richard L. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba Empat. ………., 2006. Manajemen. Jilid 1, Edisi 5. Jakarta: Erlangga. Davis, Keith & John W. Newstrom. 2000. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga. Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivarite dengan IBM SPSS 23, Edisi Kedelapan. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ………. 2005. Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen. Edisi VII, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Jakarta: Center For Academic Publicing Service (CASP). Irawan, P.D. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Matahari Departement Store Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyajarta. Skripsi.

Jurnal MAKER ISSN : 2502-4434 Vol. 4, No. 2, DESEMBER 2018 29

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. PrinsipPrinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks. Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsipprinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga. Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. PT. Jakarta: PT. Indeks. Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama. Laheba, Y.A., Tumbuan, W.J.F.A., Soepeno, D. 2015. Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA. Volume 3, Nomor 3, https://media.neliti.com/media/publications/ 2676-ID-pengaruh-citra-merek-fitur-danharga-terhadap-keputusan-pembelianhandphone-sams.pdf. 20 Juni 2017. Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba empat. Malik, M.E., Ghafoor, M.M., Iqbal. H.K. 2012. Impact of Brand Image, Service Quality and Price on Customer Satisfaction in Pakistan Telecommunication Sector. Pakistan: University of The Punjab. Internasional Journal of Business and Social Science.Volume 3, Nomor 23, http://ijbssnet.com/journals/vol_3_No_23_ December_2012/13.pdf. 20 Juni 2017 Prasetyo. 2007. feunsika.ac.id/Jurnal-online/wpcontent/.../DEDI-UUS-090412.pdf.

Undang-Undang Merek. Diakses tahun 2017 Rangkuti, Freddy. 2009. Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Robbins, Stephen P dan Mary Coutler. 2011. Manajemen. Edisi X, Jilid 1. Indonesia: PT Gelora Aksara Pratama. Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Prenada Media. Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen (Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan keinginan Konsumen). Edisi I. Cetakan ke-3. Jakarta: Kencana. Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran, falsafah, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Cetakan ke 1 Bandung: Penerbit Alfabeta. Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia. Sutisna dan Prawitra. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta : PT. Remaja Rosda Karya. Swastha, Basu & Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi. .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.