MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Sudung Simatupang, Efendi Efendi, Marisi Butarbutar, Erbin Chandra, Marto Silalahi

Abstract


Kehadiran media sosial YouTube dewasa ini diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan pembelian dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial YouTube terhadap keputusan pembelian. Hasil dari google form terhadap responden yang domisili Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun diperoleh jumlah responden sebanyak 132 responden. Untuk butir instrument kuisioner diperoleh hasil analisa bahwa hasilnya memiliki kriteria valid dan reliabel, serta memiliki distribusi normal karena seluruh variabel penelitian memiliki nilai asymp. sig. (2-tailed) > probabilitas 0,05 dan koefisien determinasi dari media sosial YouTube terhadap keputusan pembelian nilainya 38% dengan nilai koefisien korelasi 61% yang artinya memiliki hubungan yang kuat. Selanjutnya untuk pesamaan regresi sederhana bahwa media sosial YouTube memiliki koefisien arah yang positif hal tersebut dapat dilihat pada persamaan Y = 8,044 + 0,524 X dan untuk hasil uji hipotesa parsial (uji t) bahwa media sosial YouTube memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Media Sosial, Youtube, Keputusan Pembelian

References


Agustinus, A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Sosial Media (Instagram) dalam Meningkatkan Brand Awareness Kopi Kenangan. JUrnal Prologia, 4(2), 339. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6605

Angelyn, & Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 16–24. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1946

Annur, C. M. (2021). Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses YouTubepada Semester I-2021. Https://Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/05/masyarakat-indonesia-paling-banyak-akses-youtubepada-semester-i-2021

Aprilia, P. (2020). 7+ Media Sosial Populer untuk Bisnis – Jangan Sampai Bisnis Go Down Saat Lock Down. Https://Www.Niagahoster.Co.Id. https://www.niagahoster.co.id/blog/sosial-media-populer/

Ardani, W. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPATU CONVERSE DI KOTA DENPASAR, BALI. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis (JIKB), XI(1), 2412–2427.

Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision? A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 156. https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6916

Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.263

As’ad, H. A.-R., & Alhadid, A. Y. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Integrative Business and Economics Research; Hong Kong, 3(1), 334-345. https://www.proquest.com/docview/1513215316

Butarbutar, M., Efendi, & Simatupang, S. (2021). Brand Loyalty dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 04(01), 40–54. https://doi.org/https://doi.org/10.35138/organu m.v4i1.130

Chandra, E. (2017). Youtube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 406–417. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.1035

Chen, A., Lu, Y., & Wang, B. (2017). Customers’ purchase decision-making process in social commerce: A social learning perspective. International Journal of Information Management, 37, 627–638. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.05.001

Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Eisingerich, A. B., & Rubera, G. (2010). Drivers of Brand Commitment: A Cross-National Investigation. Journal of International Marketing, 18(2), 64–79. https://doi.org/10.1509/jimk.18.2.64

Fauzi, V. P., & Lubis, E. E. (2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/9366

Foster, B. (2016). The Effect of Price and Service Quality on Customer Satisfaction in Mutiara Hotel Bandung. American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2, 1–12. https://doi.org/10.21694/2378-7031.16008

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Editio). Prentice Hall.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2020). Determinants of Consumer Purchase Decision In SMES. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(03), 3981–3989. www.ijstr.org

Hays, S., Page, S. J., & Buhalis, D. (2013). Social media as a destination marketing tool: Its use by national tourism organisations. Current Issues in Tourism, 16(3), 211–239. https://doi.org/10.1080/13683500.2012.662215

Indiawan, D. (2020). STRATEGI PROMOSI DI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA ANGKUTAN. JURNAL MATEMAR: Manajemen Dan Teknologi Maritim, 1(1), 44–60. https://e-jurnal.amanjaya.ac.id/index.php/matemar/article/view/47

Jemadu, L., & Prastya, D. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Https://Www.Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.

Kurniawan, F., Arifin, Z., & Fanani, D. (2011). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei kepada para siswa SMAN 15 Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber Merek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 56(1), 75–81.

Kusumah, W. (2020). Apakah Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Youtuber? Https://Www.Gurupenggerakindonesia.Com. https://www.gurupenggerakindonesia.com/apakah-sifat-yang-harus-dimiliki-seorang-youtuber/

Larasati, A. U. (2022). Optimalkan Marketing Bisnis di 5 Media Sosial Ini! Https://Www.Tagar.Id. https://www.tagar.id/optimalkan-marketing-bisnis-di-5-media-sosial-ini

Mahendra, D. P., & Nugrahani, R. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Activities Terhadap Brand Awareness Hearo Di Instagram. EProceedings of Management, 8(3), 1–9. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15006

Olshavsky, R. W., & Granbois, D. H. (1979). Consumer Decision Making—Fact or Fiction? Journal of Consumer Research, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.1086/208753

Pasha, A. R. (2021). 7 Tips Sukses Memasarkan Produk Jualan Lewat Youtube. Https://Www.Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/7-tips-sukses-memasarkan-produk-jualan-lewat-youtube

Permata, B. I., Prihatini, A. E., & Widiartanto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Youtube Terhadap Loyalitas Pengguna Brand Wardah Kosmetik Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 250–257. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/20988/19652

Prasetyo, D. D., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). PENGARUH IKLAN SECARA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey Pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4G LTE). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 41(1), 170–174.

Prihadi, S. D. (2015). YouTube dalam Angka-Angka. Https://Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150214143544-185-32127/youtube-dalam-angka-angka

Puccinelli, N. M., Goodstein, R. C., Grewal, D., Price, R., Raghubir, P., & Stewart, D. (2009). Customer Experience Management in Retailing: Understanding the Buying Process. Journal of Retailing, 85(1), 15–30. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2008.11.003

Quinn, K. (2016). Why We Share: A Uses and Gratifications Approach to Privacy Regulation in Social Media Use. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 60(1), 61–86. https://doi.org/10.1080/08838151.2015.1127245

Richadinata, K. R. P., & Surya Astitiani, N. L. P. (2021). Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Lingkungan Universitas Bali Internasional. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(2), 188–208. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i02.p05

Rohman, J. N., & Husna, J. (2017). Situs Youtube Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 171–180. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23037

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen: konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Kencana.

Setiawan, A. M., Purnomo, D., & Harnita, P. C. (2021). Analisis Pengaruh Promosi E-Commerce Di Youtube Terhadap Brand Awarness Dan Dampaknya Terhdap Minat Beli. Jurnal Cakrawala, 10(1), 55–80. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4774

Slamet, H. P. C., Rachma, N., & Hufron, M. (2018). PENGARUH IKLAN POP-UP YOUTUBE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. E-Jurnal Riset Manajemen, 82–94. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4466

Stephanie, Y., Setyabudi, D., & Pradekso, T. (2021). Terpaan YouTube Series dan Persepsi Pemasaran Interaktif di Twitter terhadap Keputusan Pembelian Layanan Subscriptions Video on Demand (SVOD) Netflix. Interaksi Online, 9(4), 203–213. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/32139

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan-1). Alfabeta.

Sugiono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS dan LiSREL: Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian. Alfabeta.

Suherlan, R. (2022). Ini Media Sosial Paling Populer 2022, Ada Whatsapp TikTok. Https://Www.Momsmoney.Id. https://www.momsmoney.id/news/ini-media-sosial-paling-populer-2022-ada-whatsapp-tiktok?page=all

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Andi.

Suryani, Tambunan, K., & Silalahi, P. R. (2021). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Study Kasus: Skincare Wardah. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/2838/810

Tsai, W.-H. S., & Men, L. R. (2013). Motivations and Antecedents of Consumer Engagement With Brand Pages on Social Networking Sites. Journal of Interactive Advertising, 13(2), 76–87. https://doi.org/10.1080/15252019.2013.826549

Wearesocial.com. (2022). Digital 2022: Another Year Of Bumper Growth. Https://Wearesocial.Com. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/

Widarjono, A. (2018). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews (Ed.5). UPP STIM YKPN.

Yohanes, E., Ellitan, L., & Junaedi, C. M. (2021). the Effect of Endorsers and Social Media Advertising on Consumer Purchase Decisions of Instagram Social Media Users With Brand Awareness As a Mediating Variable. Journal of Entrepreneurship & Business, 2(2), 71–85. https://doi.org/10.24123/jeb.v2i2.4472

Zulfa, V. R. (2020). Anteseden Urge to Buy Impulsively: Studi Beauty Vlog pada Sosial Media Youtube. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 13(1), 16–30. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i1.15351




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v8i2.494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

                       

Publisher: DEPARTMENT OF MANAGEMENT

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.