MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.37403/mjm.v8i2.494Keywords:
Media Sosial, Youtube, Keputusan PembelianAbstract
Kehadiran media sosial YouTube dewasa ini diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan pembelian dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial YouTube terhadap keputusan pembelian. Hasil dari google form terhadap responden yang domisili Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun diperoleh jumlah responden sebanyak 132 responden. Untuk butir instrument kuisioner diperoleh hasil analisa bahwa hasilnya memiliki kriteria valid dan reliabel, serta memiliki distribusi normal karena seluruh variabel penelitian memiliki nilai asymp. sig. (2-tailed) > probabilitas 0,05 dan koefisien determinasi dari media sosial YouTube terhadap keputusan pembelian nilainya 38% dengan nilai koefisien korelasi 61% yang artinya memiliki hubungan yang kuat. Selanjutnya untuk pesamaan regresi sederhana bahwa media sosial YouTube memiliki koefisien arah yang positif hal tersebut dapat dilihat pada persamaan Y = 8,044 + 0,524 X dan untuk hasil uji hipotesa parsial (uji t) bahwa media sosial YouTube memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Agustinus, A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Sosial Media (Instagram) dalam Meningkatkan Brand Awareness Kopi Kenangan. JUrnal Prologia, 4(2), 339. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6605
Angelyn, & Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 16–24. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1946
Annur, C. M. (2021). Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses YouTubepada Semester I-2021. Https://Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/05/masyarakat-indonesia-paling-banyak-akses-youtubepada-semester-i-2021
Aprilia, P. (2020). 7+ Media Sosial Populer untuk Bisnis – Jangan Sampai Bisnis Go Down Saat Lock Down. Https://Www.Niagahoster.Co.Id. https://www.niagahoster.co.id/blog/sosial-media-populer/
Ardani, W. (2020). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPATU CONVERSE DI KOTA DENPASAR, BALI. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis (JIKB), XI(1), 2412–2427.
Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision? A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 156. https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6916
Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.263
As’ad, H. A.-R., & Alhadid, A. Y. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Integrative Business and Economics Research; Hong Kong, 3(1), 334-345. https://www.proquest.com/docview/1513215316
Butarbutar, M., Efendi, & Simatupang, S. (2021). Brand Loyalty dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 04(01), 40–54. https://doi.org/https://doi.org/10.35138/organu m.v4i1.130
Chandra, E. (2017). Youtube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 406–417. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.1035
Chen, A., Lu, Y., & Wang, B. (2017). Customers’ purchase decision-making process in social commerce: A social learning perspective. International Journal of Information Management, 37, 627–638. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.05.001
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021
Eisingerich, A. B., & Rubera, G. (2010). Drivers of Brand Commitment: A Cross-National Investigation. Journal of International Marketing, 18(2), 64–79. https://doi.org/10.1509/jimk.18.2.64
Fauzi, V. P., & Lubis, E. E. (2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/9366
Foster, B. (2016). The Effect of Price and Service Quality on Customer Satisfaction in Mutiara Hotel Bandung. American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2, 1–12. https://doi.org/10.21694/2378-7031.16008
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Editio). Prentice Hall.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2020). Determinants of Consumer Purchase Decision In SMES. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(03), 3981–3989. www.ijstr.org
Hays, S., Page, S. J., & Buhalis, D. (2013). Social media as a destination marketing tool: Its use by national tourism organisations. Current Issues in Tourism, 16(3), 211–239. https://doi.org/10.1080/13683500.2012.662215
Indiawan, D. (2020). STRATEGI PROMOSI DI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA ANGKUTAN. JURNAL MATEMAR: Manajemen Dan Teknologi Maritim, 1(1), 44–60. https://e-jurnal.amanjaya.ac.id/index.php/matemar/article/view/47
Jemadu, L., & Prastya, D. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Https://Www.Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.
Kurniawan, F., Arifin, Z., & Fanani, D. (2011). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei kepada para siswa SMAN 15 Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber Merek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 56(1), 75–81.
Kusumah, W. (2020). Apakah Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Youtuber? Https://Www.Gurupenggerakindonesia.Com. https://www.gurupenggerakindonesia.com/apakah-sifat-yang-harus-dimiliki-seorang-youtuber/
Larasati, A. U. (2022). Optimalkan Marketing Bisnis di 5 Media Sosial Ini! Https://Www.Tagar.Id. https://www.tagar.id/optimalkan-marketing-bisnis-di-5-media-sosial-ini
Mahendra, D. P., & Nugrahani, R. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Activities Terhadap Brand Awareness Hearo Di Instagram. EProceedings of Management, 8(3), 1–9. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15006
Olshavsky, R. W., & Granbois, D. H. (1979). Consumer Decision Making—Fact or Fiction? Journal of Consumer Research, 6(2), 93–100. https://doi.org/10.1086/208753
Pasha, A. R. (2021). 7 Tips Sukses Memasarkan Produk Jualan Lewat Youtube. Https://Www.Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/7-tips-sukses-memasarkan-produk-jualan-lewat-youtube
Permata, B. I., Prihatini, A. E., & Widiartanto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Periklanan Youtube Terhadap Loyalitas Pengguna Brand Wardah Kosmetik Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 250–257. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/20988/19652
Prasetyo, D. D., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). PENGARUH IKLAN SECARA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey Pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4G LTE). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 41(1), 170–174.
Prihadi, S. D. (2015). YouTube dalam Angka-Angka. Https://Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150214143544-185-32127/youtube-dalam-angka-angka
Puccinelli, N. M., Goodstein, R. C., Grewal, D., Price, R., Raghubir, P., & Stewart, D. (2009). Customer Experience Management in Retailing: Understanding the Buying Process. Journal of Retailing, 85(1), 15–30. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2008.11.003
Quinn, K. (2016). Why We Share: A Uses and Gratifications Approach to Privacy Regulation in Social Media Use. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 60(1), 61–86. https://doi.org/10.1080/08838151.2015.1127245
Richadinata, K. R. P., & Surya Astitiani, N. L. P. (2021). Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Lingkungan Universitas Bali Internasional. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(2), 188–208. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i02.p05
Rohman, J. N., & Husna, J. (2017). Situs Youtube Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 171–180. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23037
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen: konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Kencana.
Setiawan, A. M., Purnomo, D., & Harnita, P. C. (2021). Analisis Pengaruh Promosi E-Commerce Di Youtube Terhadap Brand Awarness Dan Dampaknya Terhdap Minat Beli. Jurnal Cakrawala, 10(1), 55–80. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4774
Slamet, H. P. C., Rachma, N., & Hufron, M. (2018). PENGARUH IKLAN POP-UP YOUTUBE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. E-Jurnal Riset Manajemen, 82–94. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4466
Stephanie, Y., Setyabudi, D., & Pradekso, T. (2021). Terpaan YouTube Series dan Persepsi Pemasaran Interaktif di Twitter terhadap Keputusan Pembelian Layanan Subscriptions Video on Demand (SVOD) Netflix. Interaksi Online, 9(4), 203–213. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/32139
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan-1). Alfabeta.
Sugiono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS dan LiSREL: Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian. Alfabeta.
Suherlan, R. (2022). Ini Media Sosial Paling Populer 2022, Ada Whatsapp TikTok. Https://Www.Momsmoney.Id. https://www.momsmoney.id/news/ini-media-sosial-paling-populer-2022-ada-whatsapp-tiktok?page=all
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Andi.
Suryani, Tambunan, K., & Silalahi, P. R. (2021). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Study Kasus: Skincare Wardah. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/2838/810
Tsai, W.-H. S., & Men, L. R. (2013). Motivations and Antecedents of Consumer Engagement With Brand Pages on Social Networking Sites. Journal of Interactive Advertising, 13(2), 76–87. https://doi.org/10.1080/15252019.2013.826549
Wearesocial.com. (2022). Digital 2022: Another Year Of Bumper Growth. Https://Wearesocial.Com. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/
Widarjono, A. (2018). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews (Ed.5). UPP STIM YKPN.
Yohanes, E., Ellitan, L., & Junaedi, C. M. (2021). the Effect of Endorsers and Social Media Advertising on Consumer Purchase Decisions of Instagram Social Media Users With Brand Awareness As a Mediating Variable. Journal of Entrepreneurship & Business, 2(2), 71–85. https://doi.org/10.24123/jeb.v2i2.4472
Zulfa, V. R. (2020). Anteseden Urge to Buy Impulsively: Studi Beauty Vlog pada Sosial Media Youtube. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 13(1), 16–30. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i1.15351
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Maker: Jurnal Manajemen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the jurnal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).