PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, BRAND IMAGE, DAN RISIKO KEUANGAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT

Authors

  • Rizal Ula Ananta Fauzi universitas PGRI madiun
  • Agas Kurniawan Darsono Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.37403/mjm.v8i2.493

Keywords:

Kemudahan, Brand Image, Risiko Keuangan, Kepercayaan, Minat Menggunakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi kemudahan, brand image, risiko keuangan terhadap minat menggunakan melalui kepercayaan sebagai variabel intervening masayarakat di Jawa Timur. Sampel yang digunakan sebanyak 400 responden. Teknik analisis data menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan, brand image dan risiko keuangan berpengaruh kepada minat menggunakan serta variabel persepsi kemudahan dan risiko keuangan berpengaruh kepada kepercayaan sedangkan risiko keuangan tidak berpengaruh terhadap kepercayaan adanya pengaruh tidak langsung secara signifikan brand image terhadap minat menggunakan melalui variabel kepercayaan sebagai variabel intervening, dan ada pengaruh tidak langsung yang bersifat tidak signifikan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan melalui variabel kepercayaan sebagai variabel intervening, serta resiko keuangan terhadap minat menggunakan melalui variabel kepercayaan sebagai variabel intervening.

References

Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Aditya, C., Lau, E. A., & Rahmawati, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Eramart Jalan Pelita Kota Samarinda, 1–7.

Agustina, R., Afriana, R. A., & Safrina, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfataan, Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Pt Bank Bukopin Tbk Banjarmasin. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 255–268.

Ahmad, S., & Risma, N. (2020). Pengaruh Kemudahan Terhadap Keputusan Menggunakan E-Banking Pada Bni 46 Kc Karangayu Semarang Dengan Minat Nasabah Dan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Solusi, 18(4).

Albari, V. (2018). Dampak Dimensi Ekuitas Merek Dalam Membentuk Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(2), 81–90.

Almaidah, S. (2019). Efek Mediasi Kepercayaan Dalam Pola Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Word Of Mouth, Danminat Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank Jateng Kantor Cabang Pembantu Simo Boyolali) Siti. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 10, 1–26.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Risiko pada Minat Beli Belanja Online.

Badan Pusat Statistik. (2020). Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2020-turun-5-32-persen.html

Citra, T., Suryono, D., & Santoso, B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form melalui Kepercayaan Merek ( Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group , Semarang ). Journal of Management, 5(2), 1–12.

Damayanti, V. (2019). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 99–109.

Dewani, N. P. R. G., & Ni Made, R. (2021). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Ewom Terhadap Niat Konsumen Menggunakan Gopay Di Kota Denpasar. E-Journal Manajemen, 10(2), 105–124.

Gao, Waechter, & Bai. (2015). Understanding consumers’ continuance intention towards mobile purchase: A theoretical framework and empirical study–A case of China. Computers in Human Behaviour, 53, 249–262.

Ghozali. (2014). Teknik analisis data SEM.

Hakim, C., Prasetya, A., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario Pada Pt Sumber Purnama Sakti Di Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 15(2).

Haryono, & Siswoyo. (2017). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Jakarta: Luxima Metro Media.

Koesno, D. A. S. (2020). Jumlah Pelanggan E-Commerce Tercatat Meningkat 38,3% Selama Pandemi. Retrieved from https://tirto.id/jumlah-pelanggan-e-commerce-tercatat-meningkat-383-selama-pandemi-f1eP

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principle of Marketing.

Krisnawati, N. W., & I Gde Ketut, W. (2020). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh E-Womterhadap Niat Konsumen Menggunakan Ovo Mobile Payment. E-Journal Manajemen, 9(1), 79–98.

Mamman, H., Maidawa, M., & Saleh, M. (2015). Effects Of Perceived Risk On On-Line Shopping Effects Of Perceived Risk On Online Shopping. In Effects Of Perceived Risk On On-Line Shopping Effects Of Perceived Risk On Online Shopping.

Musyaffi, Michael, A., & Kayati. (2019). Dampak Kemudahan dan Risiko Sistem Pembayaran QR Code : Technology Acceptance Model ( TAM ) Extension masyarakat yang tinggi atas penggunaan ( NFC ), dan One Time Password ( OTP ). dijelaskan melalui gambar 1 dibawah ini : Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 161–176.

Park, J., Amendah, E., Lee, Y., & Hyun, H. (2018). M-payment service : Interplay of perceived risk , benefit , and trust in service adoption. Journal Economic and Business, (December 2015), 1–13. https://doi.org/10.1002/hfm.20750

Park, J. C., & Yoon, M. H. (2002). Factors Affecting on Internet shopping mall Members’ Relationship Quality. Journal of MIS Research.

Permadi, L. A., & Rinuastuti, B. H. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 54–61.

Published

2022-12-14

How to Cite

Fauzi, R. U. A., & Darsono, A. K. (2022). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, BRAND IMAGE, DAN RISIKO KEUANGAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT. Maker: Jurnal Manajemen, 8(2), 211–222. https://doi.org/10.37403/mjm.v8i2.493