PENTINGNYA BRAND IMAGE PRODUK: KAJIAN PADA PRODUK SCARLETT WHITENING

Evelyn Wijaya, Yusnita Octafilia

Abstract


Brand image merupakan kunci pemasaran dalam suatu bisnis dimana dengan membangun brand image yang kuat maka akan berpeluang untuk menarik konsumen lebih banyak dibandingkan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh credibility, attraction dan power celebrity endorser terhadap brand image produk scarlett whitening. Populasi penelitian adalah konsumen pengguna produk scarlett whitening di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian sebanyak 120 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa credibility dan power celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Sedangkan attraction tidak signifikan terhadap brand image. Power celebrity endorser menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kuat atau lemahnya brand image suatu produk. Dalam era pemasaran digital saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan influencer sebagai media promosi produk akibat adanya trend kecenderungan konsumen akan mencoba produk yang dikonsumsi oleh influencer favorit.

Keywords


Credibility, Attraction, Power Celebrity Endorser, Brand Image

References


Amanah, D. (2018). Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Anugrah, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Jurnal Universitas Negeri Semarang, 2015 (32).

Bulan, S. I. S., & Sudrajat, R. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Arief Muhammad di Instagram Terhadap Brand Image Erigo Store. Jurnal Sosial Politik, 5(2), 322.

Damayanti, C., & Wahyono. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3), 236–251.

Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Yogyakarta Pada Produk Oleh-Oleh Jogja Scrummy. Jurnal Manajemen, 8(1), 1–9.

Ermec, A., & Korkmaz, S. (2014). Examining the Effect of Endorser Credibility on the Consumers ’ Buying Intentions : An Empirical Study in Turkey. 4(1), 66–77.

Gultom, S. B., & Sari, D. (2019). The Influence Of Blackpink As Brand Ambassador Toward Brand Image At E-Commerce Platfrom Shopee. E-Proceeding of Management, 6(2), 4047–4053.

Hufron, Z. S. N. R. M. (2015). Prodi: Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang. Riset Manajemen, (2015), 121–135.

Iryanti, I. (2020). Pengaruh Visibilirty, Credibility, Attraction dan Power Celebrity Endoser terhadap Brand Image Produk Handbody Scarlett Whitening.

Kirana, L. C., Trijayanti, R. T., & Sari, Y. I. (2020). Pengaruh Zaskia Adya Mecca Sebagai Brand Ambassador Dalam Instagram Meccanismofficialshop Terhadap Brand Image Meccanism. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 308–320.

Kurniawan, F. J., & Kunto, Y. S. (2014). Analisa Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction, dan Power Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Bedak Marcks Venus. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8.

Masyita, D. A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh brand ambassador dian sastrowardoyo terhadap brand image produk makeup L’OREAL PARIS (studi pada konsumen L’OREAL kota BANDUNG). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 3(1), 41–47.

Muhtadin, M. S., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Shampo Pantene Di Bandung. EProceedings of Management, 5(2), 1797–1804.

Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Citra Merek pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2), 171–179.

Pujiastuti, E. E., Sadeli, S., & N, L. Y. (2019). Pengaruh Source Credibility, Review Quality dan Review Quantity terhadap Brand Image dan Purchase Intention (Studi tentang Produk Wardah pada Siswi Jurusan Kecantikan di SMK Negeri 6 Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 3(2), 172–190.

Rini, E. S., & Astuti, D. W. (2012). Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario. Bisma Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 1–12.

Saputri, M. E., & Pranata, T. R. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 193–201.

Soeprapto, H. (2018). Analisa pengaruh celebrity endorsement credibility pada iklan Pocari Sweat terhadap brand image dan attitude towards the brand. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–6.

Sugiyono. (2017).Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Wijaya, F. A., & Sugiharto, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsementterhadap Purchase Intention Denganbrand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Iklan Produk Perawatan Kecantikan Pond’S). Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 16–22.

Windyastari, N. Y., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(12), 6932–6960.

https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210217/257/1357221/kinclong-sektor-kosmetik-bertumbuh-94-persen-tahun-lalu

https://koran-jakarta.com/2021-industri-kosmetik-ditargetkan-tumbuh-10-persen?page=all




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v8i2.475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

                       

Publisher: DEPARTMENT OF MANAGEMENT

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.