Pengaruh Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Family: Harga Sebagai Pemoderasi
DOI:
https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.466Keywords:
variasi produk, harga, kepuasan konsumenAbstract
Persaingan bisnis yang semakin ketat dewasa ini menuntut perusahaan untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan produk yang dihasilkan dengan didukung oleh penetapan harga yang sesuai agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan mempertahankan pelanggan yang telah mereka dapatkan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran harga dalam memoderasi pengaruh variasi produk terhadap peningkatan kepuasan konsumen pada LKP Family. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada Konsumen LKP Family sebanyak 40 orang, dengan menggunakan teknik accidental random sampling. Pengujian data dilakukan melalui analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Terdapat korelasi yang kuat antara variasi produk terhadap kepuasan konsumen dengan harga sebagai pemoderasi. Kemudian baik tidaknya kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variasi produk dengan harga sebagai pemoderasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variasi produk terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya, hasil juga menunjukkan bahwa harga tidak mampu memoderasi pengaruh variasi produk terhadap kepuasan konsumen. Saran dari hasil penelitian ini sebaiknya LKP Family memperbanyak pilihan model pakaian yang sedang trend saat ini, menawarkan harga yang berdaya saing sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen, serta melakukan promosi melalui media sosial seperti facebook dan instagram.
References
Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 172–180.
Hendrawati, D., Rahadhini, M. D., & Triastity, R. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Harga Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(3), 621–628.
Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing: Global Edition (S. Wall, M. Gaffney, D. Petrino, S. Jackson, P. Shivadas, & B. Surette (eds.); 16th Ed.). Pearson Education Limited.
Muharam, I. (2014). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Sari, O. H., Halim, F., Tanjung, R., Permadi, L. A., Prasetio, A., Hasnidar, Dewi, I. K., SN, A., Sudarso, A., Hasyim, Lie, D.,
Nainggolan, N. T., Sisca, Prasetya, A. B., & Simarmata, J. (2021). Manajemen Bisnis Pemasaran (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Sisca, Simanjuntak, M., Sudarso, A., Grace, E., Sahir, S. H., Putri, D. M. B., Rosdiana, Ningtyas, C. P., Hasyim, & Muliatie, Y. E. (2021). Pemasaran: Dasar dan Konsep (A. Karim & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.
Sisca, Simarmata, H. M. P., Grace, E., Purba, B., Dewi, I. K., Silalahi, M., Fajrillah, Sudarso, A., & Sudarmanto, E. (2021). Manajemen Inovasi (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., Hutabarat, M. L. P., Nugroho, A., Wardhana, M. A., Purba, B., Sugiarto, M., Simarmata, H. M. P., Simanjuntak, M., Fitrianingrum, A., & Hendra. (2021). Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Maker: Jurnal Manajemen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the jurnal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).