Pengaruh Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Family: Harga Sebagai Pemoderasi

Authors

  • Sisca Sisca Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Andy Wijaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Erbin Chandra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Jesica Mailoli Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.466

Keywords:

variasi produk, harga, kepuasan konsumen

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat dewasa ini menuntut perusahaan untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan produk yang dihasilkan dengan didukung oleh penetapan harga yang sesuai agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan mempertahankan pelanggan yang telah mereka dapatkan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran harga dalam memoderasi pengaruh variasi produk terhadap peningkatan kepuasan konsumen pada LKP Family. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada Konsumen LKP Family sebanyak 40 orang, dengan menggunakan teknik accidental random sampling. Pengujian data dilakukan melalui analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Terdapat korelasi yang kuat antara variasi produk terhadap kepuasan konsumen dengan harga sebagai pemoderasi. Kemudian baik tidaknya kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variasi produk dengan harga sebagai pemoderasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variasi produk terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya, hasil juga menunjukkan bahwa harga tidak mampu memoderasi pengaruh variasi produk terhadap kepuasan konsumen. Saran dari hasil penelitian ini sebaiknya LKP Family memperbanyak pilihan model pakaian yang sedang trend saat ini, menawarkan harga yang berdaya saing sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen, serta melakukan promosi melalui media sosial seperti facebook dan instagram.

References

Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 172–180.

Hendrawati, D., Rahadhini, M. D., & Triastity, R. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Harga Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(3), 621–628.

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing: Global Edition (S. Wall, M. Gaffney, D. Petrino, S. Jackson, P. Shivadas, & B. Surette (eds.); 16th Ed.). Pearson Education Limited.

Muharam, I. (2014). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Sari, O. H., Halim, F., Tanjung, R., Permadi, L. A., Prasetio, A., Hasnidar, Dewi, I. K., SN, A., Sudarso, A., Hasyim, Lie, D.,

Nainggolan, N. T., Sisca, Prasetya, A. B., & Simarmata, J. (2021). Manajemen Bisnis Pemasaran (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Sisca, Simanjuntak, M., Sudarso, A., Grace, E., Sahir, S. H., Putri, D. M. B., Rosdiana, Ningtyas, C. P., Hasyim, & Muliatie, Y. E. (2021). Pemasaran: Dasar dan Konsep (A. Karim & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.

Sisca, Simarmata, H. M. P., Grace, E., Purba, B., Dewi, I. K., Silalahi, M., Fajrillah, Sudarso, A., & Sudarmanto, E. (2021). Manajemen Inovasi (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., Hutabarat, M. L. P., Nugroho, A., Wardhana, M. A., Purba, B., Sugiarto, M., Simarmata, H. M. P., Simanjuntak, M., Fitrianingrum, A., & Hendra. (2021). Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Sisca, S., Wijaya, A., Chandra, E., & Mailoli, J. (2022). Pengaruh Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Family: Harga Sebagai Pemoderasi. Maker: Jurnal Manajemen, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.466

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>