Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok
DOI:
https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.463Keywords:
pengawasan kepala sekolah, disiplin kerja, kinerja guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh pengawasan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru pada SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan metode dokumentasi. Teknik analisis: uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan menggunakan program IBM SPSS versi 21. Hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang kuat dan positif antara pengawasan kepala sekolah dan disiplin kerja dengan kinerja guru pada SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok. Hasil pengujian secara simultan dengan uji F ditolak, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengawasan kepala sekolah dan disiplin kerja dengan kinerja guru pada SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok. Lalu, hasil pengujian secara parsial dengan uji t ditolak, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengawasan kepala sekolah dan disiplin kerja dengan kinerja guru pada SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok secara parsial.
References
Edison, E., Anwar, Y. and Komariyah, I. (2017b) Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Cetakan 2. Bandung: Alfabeta.
Mangkunegara, A. P. (2017) Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Edited by S. Sandiasih. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Manullang, M. (2017) Manajemen. Edisi 1. Medan: Akashasakti.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (2007) ‘Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru’. Indonesia.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (2010) Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Indonesia.
Satriadi (2015) ‘Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Pada SD Negeri Binaan Tanjungpinang’, Journal of Economic and Economic Education Vol, 4(2), pp. 288–295. doi: https://doi.org/10.22202/economica.2016.v4.i2.583.
Sisca et al. (2020) Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Undang-Undang Republik Indonesia (2005) Guru dan Dosen. Indonesia.
Yuliana, Y., Arafat, Y. and Mulyadi, M. (2020) ‘Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), pp. 1552–1560. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.620.
Yuliana, Yasir, A. and Mulyadi (2020) ‘Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru’, SMP Negeri 3 Prabumulih, Universitas PGRI Mulyadi, p. 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Maker: Jurnal Manajemen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the jurnal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).