Determinan Loyalitas Pelanggan Shopee Segar dalam Persaingan Bisnis Digital

Aloysius Rangga Aditya Nalendra, Slamet Heri Winarno, Agus Priadi

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode Path Analysis dengan penggunaan SEM. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 dengan teknik pengambilan sampel, yakni purposive sampling. Objek penelitian ini adalah pengguna Shopee Segar yang berada di daerah Salemba Tengah Jakarta Pusat. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa determinan loyalitas pelanggan ditentukan oleh kepuasan pelanggan dengan nilai 18.8 %, dan kepuasan pelanggan terbangun oleh faktor harga dengan nilai 51% dan factor kualitas layanan sebesar 41%. Variabel promosi tidak memberikan pengaruh sehingga tidak menjadi determinan loyalitas pelanggan.


Keywords


harga; kepuasan pelanggan; kualitas layanan; loyalitas; promosi

References


Agiesta, Willyanto, Achmad Sajidin, and Perwito. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) 5(1):1653.

Akbar abualzam, Nurhaedah, Sumiati. 2021. “Analisis Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di DD Kuliner Promotion and Price Analysis of Purchase Decisions At DD Culinary.” Economy Deposit Journal (E-DJ ) 3:96–103.

Akbar, Rizky Satria. 2020. “PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI LOYALITAS KONSUMEN GO-JEK.” XX(Xx):1–24.

Chandra, Teddy, and Devy Novia. 2019. “Analysis of Service Quality And Customer Satisfaction Using Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Perfomance Analysis (IPA) Method in ‘Jakarta’ Optical Pekanbaru.” Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen 7(2):125–39.

Darmadi, Darmadi, Muhammad Zainul Arifin, and Imma Widyawati Agustin. 2016. “Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kinerja Pelayanan Angkutan Penyeberangan Lintas Kariangau – Penajam, Balikpapan.” Jurnal Media Teknik Sipil 14(1):42. doi: 10.22219/jmts.v14i1.3288.

Dimyati, Laili, and M. Si. 2022. “KONSUMEN PADA AYU BUTIK KOTA PAGAR ALAM.” 12(1):20–26.

Donovan S., Raynaldo, and Adil Fadillah. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor.” Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan 1(1):1–8. doi: 10.37641/jipkes.v1i1.322.

Hanifa, Okla, Tri Kurniawati, and Rose Rahmidani. 2019. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasipada Mahasiswa Universitas Negeri Padang.” Jurnal Ecogen 1(4):794. doi: 10.24036/jmpe.v1i4.5658.

Jasmani. 2018. “Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan (Studi PT. Baja Perkasa Jakarta).” Jurnal Semarak 1(3):142–57.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2012. Prinsip Prinsip Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.

Nalendra, Aloysius, Rangga Aditya;et all. 2021. STATISTIKA SERI DASAR DENGAN SPSS. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Nalendra, Aloysius Rangga Aditya, DKK. 2021. MANAJEMEN LAYANAN PUBLIK. 1st ed. Bandung: CV MEDIA SAINS INDONESIA.

Prativi, Yulinda Putri, Divina Mahardika Dewi, and Chairia. 2020. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise).” Jimea 4(1):106–13.

Rangga, Aloysius, Aditya Nalendra, Slamet Heri Winarno, and Agus Priadi. 2021. “Analisa Ipa Dan Csi Terhadap Kepuasaan Konsumen E- Commerce Di Era Pandemi Covid 19 Ipa and Csi Analysis on E-Commerce Consumer Satisfaction in the Covid-19 Pandemic Era.” 17(3):375–90.

Sentiana, Soni Suntani. 2018. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen 2(2):247–54.

Siregar, Safii. 2021. “Pengaruh Promosi Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Unit Mikro Bank Syariah Mandiri Medan Pulo Brayan).” Jurnal Humaniora 5(1):54–63.

Sudirman, Sudirman. 2019. “Pengaruh Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusam Pembelian Konsumen Pada Online Shop.” Al-Buhuts 15(2):32–44. doi: 10.30603/ab.v15i2.1107.

Sugiharto, Sugiono, and Raynaldo Alexander Wijaya. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kafe One Eighteenth, Siwalankerto – Surabaya.” Jurnal Strategi Pemasaran 7(1):11.

Suhendra, Gatot & Krisnadi, Iwan. 2020. “Kekuatan Shopee Sebagai E-Commerce Terpopuler Di Indonesia Saat Ini.” Universitas Mercu Buana (29).

Sulistiyawati, Eka Septiana, and Anna Widayani. 2020. “Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM Di Kota Blitar.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 4(1):133. doi: 10.32493/jpkpk.v4i1.7087.

Tjahjaningsih, Endang. 2013. “Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang ).” Media Ekonomi Dan Manajemen 28(2):13–27.

Trisnadewi, Putu, and Ni Ekawati. 2017. “Pengaruh Kepuasan Konsumen Memediasi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Pada Florist Online Di Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 6(4):255298.

Wiennata, Audra Alessandra, and Wahyu Hidayat. 2019. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 8(3):83–88.

Yuliana, Yayuk. 2018. “Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Pendekatan Kualitatif Pada Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Di Fakultas Ekonomi Umn Al Washliyah Medan T.a 2013/2014.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 2(2):282–89. doi: 10.32696/jp2sh.v2i2.68.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.