Peran Viral Marketing dalam Memediasi Pengaruh Social Media Advertising terhadap Consumer Buying Behavior pada Pelanggan Minuman Kopi Kekinian di DKI Jakarta dan Sekitarnya

Viani Naufalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan agar diketahui apakah viral marketing berperan dalam memediasi pengaruh social media advertising terhadap consumer buying behavior pada pelanggan minuman kopi kekinian di DKI Jakarta dan sekitarnya. Penelitian ini didasari oleh fenomena perubahan perilaku konsumen dalam membeli sebuah produk melalui berbagai media digital, sehingga penjual berlomba-lomba untuk memproduksi dan menawarkannya secara digital melalui berbagai teknik pemasaran. Kuesioner ini diberikan kepada 85 responden dengan lokasi di DKI Jakarta dan sekitarnya dengan kriteria yaitu pelanggan kopi kekinian sebagai objek penelitian. Metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data diantaranya uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linear, koefisien korelasi dan determinasi serta pengujian hipotesis. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan viral marketing dengan social media advertising pada pelanggan  minuman kopi kekinian di DKI Jakarta dan sekitarnya, kemudian terdapat pengaruh yang sedang dan signifikan social media advertising padaconsumer buying behavior pada pelanggan usaha minuman kopi kekinian di DKI Jakarta dan sekitarnya, serta terdapat pengaruh yang sedang dan signifikan antara viral marketing dengan consumer buying behavior pada pelanggan minuman kopi kekinian di DKI Jakarta dan sekitarnya.


Keywords


viral marketing; social media advertising; consumer buying behavior

References


Acai Sudirman, Syafika Alaydrus, Siti Rosmayati, S., Lucky Nugroho, Opan Arifudin, I. M. H., & Anne Haerany, Fenny Damayanti Rusmana, K. R. (2020). Perilaku Konsumen dan Perkembangannya di Era Digital (Vols. 978-623–93). Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Bilgin, Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies. An International Journal, 6(1). https://doi.org/10.15295/v6i1.229

Dharmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2016). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. BPFE UGM.

Diawati, P., Putri, R. R., Sugesti, H., Hakim, L., & Farizki, R. (2021). Pengaruh brand ambassador dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen marketplace. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 560. https://doi.org/10.29210/020211245

Farahdiba, D. (2020). Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992

Furqon, M. A. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79. https://doi.org/10.33603/jibm.v4i1.3311

Genadi, Y. D., & Furkan, L. M. (2020). Pengaruh Informativeness, Entertainment, Dan Irritating Terhadap Attitude Toward Social Media Advertising Pada Masyarakat Kota Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 9(2), 186–197. https://doi.org/10.29303/jmm.v9i2.538

Howard, J. A., & Sheth, J. N. (1967). A Theory of Buyer Behavior. Changing Marketing Systems Consumer, Corporate and Goverment Interfaces. Procedings of the 1967 Winter Conference of the American Marketing Association, 137–155.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Prentice Hall.

Kristanto, O. D., Indraningrat, K., & Prasetiyaningtiyas, S. (2017). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Rmbl. Bisma, 11(1), 62. https://doi.org/10.19184/bisma.v11i1.6209

Marina, D. (2020). konsumerisme di Era digital. TarFormedia, 32.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Simbiosa Rekatama Media.

Prakoso, A., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Social Media Advertising terhadap Word of Mouth dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Cafe Mochimaco Malang yang Menggunakan Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 41(1), 25–31.

Prakoso, D., & Magnadi, R. H. (2016). Analisis Tentang Persepsi Social Media Marketing , Kampanye Viral Marketing , Dan Dinamika Virtual Brand Community Pada Fitur Sponsor Instagram Terhadap Pembentukan. Journal of Management, 6(1), 1–10.

Putri, S. S. A., Rachma, N., & Rahman, F. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Online Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2016 Pembeli Accessories Gadged Di Tokopedia). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 82–94.

Rakhmawati, A., Nizar, M., & Murtadlo, K. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung. Sketsa Bisnis, 6(1), 13–21.

Ramadhanty, P., & Mei Ulina Malau, R. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Content Instagram @kedaikopikulo Terhadap Sikap Konsumen. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 2614–0373.

Restiani, Yani Widjaja. Alexandra, R. (2019). The Impact Of Viral Marketing On Consumer Interest On Indihome Product. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7, 103–107. https://doi.org/10.31846/jae.v7i1.141%0A

Suharsono, Y. (2019). Analisis Pengaruh Social Media Advertising, E-Wom dan Peer Groups Terhadap Trust dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1–20.

Syahidah, R. A. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. Humanis, 1(2), 827–837.

Tempo. (2018). Jumlah Ideal Konsumen Kopi di Indonesia. https://gaya.tempo.co/read/1249241/kian-banyak-orang-indonesia-minum-kopi-berapa-jumlah-yang-ideal/full&view=ok

Uma Sekaran, R. B. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan Keahlian Buku 2 ((6th ed.)). Salemba Empat.

Wardhana, A. (2016). Viral Marketing Determinants of Top Online Shop Brands in Indonesia. Mimbar, 32(Viral Marketing, Online, Factor Analysis), 25.

Widyawati, A., & Hidayat, R. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Youtube Terhadap Tingkat Brand Awareness Pada Generasi Z (Studi Kasus Pada Radio Play99Ers 100 Fm Bandung). E-Proceeding of Applied Science, Vol.4, No., 1226–1231.

Zou, S. S. (2018). Marianna Sigala and Ulrike Gretzel (eds.): Advances in social media for travel, tourism and hospitality: new perspectives, practice and cases”. Information Technology & Tourism, 18(1–4), 187–189. https://doi.org/10.1007/s40558-017-0102-7




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v8i1.430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.