PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR (SD) SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR

Suhartini suhartini, Darwin Lie, Marisi Butarbutar, Ady Inrawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Gambaran disiplin kerja, lingkungan kerja dan kinerja guru di Sekolah Dasar (SD) Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. 2. Pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar (SD) Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Disiplin kerja sudah sangat baik, lingkungan kerja sudah baik serta kinerja guru juga baik. 2.

Hasil regresi adalah Ŷ= 16,094 + 0,182 X1 + 0,349 X2, artinya disiplin kerja berpengaruh positif terhadap lingkungan kerja dan kinerja guru. 3. Hasil koefisien korelasi diperoleh nilai r= 0,651, artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara disiplin kerja dan lingkungan kerja dengan kinerja guru. Kemudian diperoleh nilai koefisien determinasi yaitu 0,424, artinya baik tidaknya kinerja guru dapat dijelaskan sebesar 42,4% oleh disiplin kerja dan lingkungan kerja. 4. Hipotesis penelitian H0 ditolak, artinya disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar (SD) Swasta Sultan Agung Pematangsiantar baik secara simultan dan parsial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.