PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK ES KRIM AICE

Sisca Sisca, Andy Wijaya, Erbin Chandra, Ervina Ervina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui peran citra merek dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap peningkatan kepuasan konsumen Produk Es Krim Aice. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada konsumen Produk Es Krim Aice  sebanyak 80 orang. Pengujian data dilakukan melalui analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kualitas produk terhadap citra merek dan citra merek terhadap kepuasan konsumen. Terdapat korelasi yang kuat antara kualitas produk dengan citra merek dancitra merek dengan kepuasan konsumen. Kemudian tingkat kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan citra merek. Hiptotesis H0 ditolak yang berarti kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa citra merek mampu memediasi pengaruh antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Saran dari hasil penelitian inisebaiknya perusahaan dapat memeratakan pemberian bonus dan pembagian souvenir ketika pembelian produk kepada seluruh outlet, serta melakukan misi kemanusiaan yakni pembagian masker ataupun APD kepada tenaga medis dalam rangka memerangi Covid-19.

Kata kunci: kualitas produk, citra merek, kepuasan konsumen

References


Diputra, I. G. A. W., & Yasa, N. N. (2021). The influence of product quality, brand image, brand trust on customer satisfaction and loyalty. American International Journal of Business Management (AIJBM), 4(1), 25–34.

Ginantra, K. G., Lestari, N. P. N. E., Gorda, A. E. S., & Darma, G. S. (2017). Effects of Promotion, Product Quality, Brand Image and Price on Customer Satisfaction and Brand Switching Decision (A Case Study on Xl Cellular Card Users in Denpasar City, Bali, Indonesia). International Journal of Management and Economics Invention, 3(12), 1514–1523. https://doi.org/10.18535/ijmei/v3i12.03

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo.

Ketut, Y. I. (2018). The Role of Brand Image Mediating the Effect of Product Quality. Rjoas, 11(November), 172–180.

https://doi.org/https://doi.org/10.18551/rjoas.2018-11.20

Khoironi, T. A., Syah, H., & Dongoran, P. (2018). Product Quality, Brand Image and Pricing To Improve Satisfaction Impact on Customer Loyalty. International Review of Management and Marketing, 8(3), 51–58. http:www.econjournals.com

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (S. Wall, M. Gaffney, E. Adams, S. Jackson, S. Ukil, & D. Petrino (eds.); Global Ed.). Pearson Education Limited.

Sari, O. H., Halim, F., Tanjung, R., Permadi, L. A., Prasetio, A., Hasnidar, Dewi, I. K., SN, A., Sudarso, A., Hasyim, Lie, D.,

Nainggolan, N. T., Sisca, Prasetya, A. B., & Simarmata, J. (2021). Manajemen Bisnis Pemasaran (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Simarmata, H. M. P., Revida, E., Kato, I., Sari, H., Simatupang, S., Sudarso, A., Faisal, M., Tjiptadi, D. D., Sisca, Anggusti, M., & Muliatie,

Y. E. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas (A. Karim & J. Simarmata (eds.); Vol. 1). Yayasan Kita Menulis.

Sisca, Simanjuntak, M., Sudarso, A., Grace, E., Sahir, S. H., Putri, D. M. B., Rosdiana, Ningtyas, C. P., Hasyim, & Muliatie, Y. E. (2021). Pemasaran: Dasar dan Konsep (A. Karim & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya.

Wijaya, A., Fathurrohman, Y. E., Sisca, Mathory, E. A. S., Ernanda, R., Purnomo, Y. J., Hutabarat, M. L. P., Nugroho, A., Wardhana, M. A., Purba, B., Sugiarto, M., Simarmata, H. M. P., Simanjuntak, M., Fitrianingrum, A., & Hendra. (2021). Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi (R. Watrianthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Wijaya, T. (2017). Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano (Ed. 2). Indeks.

Yamit, Z. (2010). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.