ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PININTA COFFEE PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.395Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen Pininta Coffee Pematangsiantar. Unit analisis pada penelitian ini adalah 70 konsumen sebagai sampel. Analisis dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah pelayanan karyawan, harga, promosi, produk, dan suasana. Penelitian ini memperoleh temuan, yakni dimensi kepuasan konsumen tertinggi pada produk dengan indikator kemudahan memperoleh produk. Dimensi terendah pada dimensi pelayanan dengan indikator sikap ramah karyawan.
Kata kunci: analisis, kepuasan, dan konsumen
References
Handayati, R. (2016) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen di Pong-Pong Cafe Lamongan’, JPENSI (Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi), 1(3). doi: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpensi.v1i3.88.
Iglesias, M. P. and Guillén, M. J. Y. (2004) ‘Perceived Quality and Price: Their Impact on the Satisfaction of Restaurant Customers’, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 16(6), pp. 373–379. doi: https://doi.org/10.1108/09596110410550824.
Indrasari, M. (2019) Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Irawan, H. (2002) Sepuluh Prinsip Keputusan Pelanggan. Jakarta: Elex media Komputindo.
Kotler, P. and Keller, K. L. (2015) Manajemen Pemasaran. XII. Jakarta: Indeks.
Mas’ud, A. A., Rombe, E. and Nainggolan, E. P. (2018) ‘Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Konsumen Pada Café dan Resto Bangi Kopitiam Di Kota Palu’, JIMUT (Urnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako), 4(1). doi: https://doi.org/10.22487/jimut.v4i1.107.
Priansa, D. J. (2017) Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Sangadji, E. M. (2013) Perilaku Konsumen. 1st edn. Yogyakarta: Andi.
Sudaryono (2016) Manajemen Pemasaran. Edited by F. Sigit. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. 4th edn. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. and Gregorius, C. (2012) Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Maker: Jurnal Manajemen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the jurnal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).