ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PININTA COFFEE PEMATANGSIANTAR

Marisi Butarbutar, Efendi Efendi, Sudung Simatupang, Novita Butarbutar, Devany Naomi Sinurat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen Pininta Coffee Pematangsiantar. Unit analisis pada penelitian ini adalah 70 konsumen sebagai sampel. Analisis dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah pelayanan karyawan, harga, promosi, produk, dan suasana. Penelitian ini memperoleh temuan, yakni dimensi kepuasan konsumen tertinggi pada produk dengan indikator kemudahan memperoleh produk. Dimensi terendah pada dimensi pelayanan dengan indikator sikap ramah karyawan.

Kata kunci: analisis, kepuasan, dan konsumen


References


Handayati, R. (2016) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen di Pong-Pong Cafe Lamongan’, JPENSI (Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi), 1(3). doi: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpensi.v1i3.88.

Iglesias, M. P. and Guillén, M. J. Y. (2004) ‘Perceived Quality and Price: Their Impact on the Satisfaction of Restaurant Customers’, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 16(6), pp. 373–379. doi: https://doi.org/10.1108/09596110410550824.

Indrasari, M. (2019) Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Irawan, H. (2002) Sepuluh Prinsip Keputusan Pelanggan. Jakarta: Elex media Komputindo.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2015) Manajemen Pemasaran. XII. Jakarta: Indeks.

Mas’ud, A. A., Rombe, E. and Nainggolan, E. P. (2018) ‘Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Konsumen Pada Café dan Resto Bangi Kopitiam Di Kota Palu’, JIMUT (Urnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako), 4(1). doi: https://doi.org/10.22487/jimut.v4i1.107.

Priansa, D. J. (2017) Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sangadji, E. M. (2013) Perilaku Konsumen. 1st edn. Yogyakarta: Andi.

Sudaryono (2016) Manajemen Pemasaran. Edited by F. Sigit. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. 4th edn. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. and Gregorius, C. (2012) Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.