ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PININTA COFFEE PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Marisi Butarbutar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Efendi Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung
  • Sudung Simatupang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung
  • Novita Butarbutar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung
  • Devany Naomi Sinurat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.395

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen Pininta Coffee Pematangsiantar. Unit analisis pada penelitian ini adalah 70 konsumen sebagai sampel. Analisis dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah pelayanan karyawan, harga, promosi, produk, dan suasana. Penelitian ini memperoleh temuan, yakni dimensi kepuasan konsumen tertinggi pada produk dengan indikator kemudahan memperoleh produk. Dimensi terendah pada dimensi pelayanan dengan indikator sikap ramah karyawan.

Kata kunci: analisis, kepuasan, dan konsumen

Author Biographies

Marisi Butarbutar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Program Studi Manajemen

Efendi Efendi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung

Program Studi Manajemen

Sudung Simatupang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung

Novita Butarbutar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung

Program Studi Manajemen

Devany Naomi Sinurat, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung

Program Studi Manajemen

References

Handayati, R. (2016) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen di Pong-Pong Cafe Lamongan’, JPENSI (Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi), 1(3). doi: http://dx.doi.org/10.30736%2Fjpensi.v1i3.88.

Iglesias, M. P. and Guillén, M. J. Y. (2004) ‘Perceived Quality and Price: Their Impact on the Satisfaction of Restaurant Customers’, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 16(6), pp. 373–379. doi: https://doi.org/10.1108/09596110410550824.

Indrasari, M. (2019) Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Irawan, H. (2002) Sepuluh Prinsip Keputusan Pelanggan. Jakarta: Elex media Komputindo.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2015) Manajemen Pemasaran. XII. Jakarta: Indeks.

Mas’ud, A. A., Rombe, E. and Nainggolan, E. P. (2018) ‘Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Konsumen Pada Café dan Resto Bangi Kopitiam Di Kota Palu’, JIMUT (Urnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako), 4(1). doi: https://doi.org/10.22487/jimut.v4i1.107.

Priansa, D. J. (2017) Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sangadji, E. M. (2013) Perilaku Konsumen. 1st edn. Yogyakarta: Andi.

Sudaryono (2016) Manajemen Pemasaran. Edited by F. Sigit. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. 4th edn. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. and Gregorius, C. (2012) Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Published

2021-12-25

How to Cite

Butarbutar, M., Efendi, E., Simatupang, S., Butarbutar, N., & Sinurat, D. N. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PININTA COFFEE PEMATANGSIANTAR. Maker: Jurnal Manajemen, 7(2), 200–207. https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.395

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>