PENGARUH SERVICE EXCELLENCE DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SAMUDRA JAYA ART PHOTO BRIDAL KOMPLEK MEGALAND PEMATANGSIANTAR

Suci Ayu Andira, Darwin Lie, Paman Tarigan, Ady Inrawan

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran service excellence, diferensiasi produk, dan kepuasan konsumen pada Samudra Jaya Art Photo Bridal Komplek Megaland Pematangsiantar. 2) Untuk mengetahui pengaruh service excellence dan diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Samudra Jaya Art Photo Bridal Komplek Megaland Pematangsiantar secara simultan maupun parsial.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Responden memberikan jawaban sangat setuju untuk service excellence, jawaban sangat setuju untuk diferensiasi produk, dan jawaban puas untuk kepuasan konsumen. 2) Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 5,072 + 0,208X1 + 0,643X2, berarti service excellence dan diferensiasi produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen . 3) Hasil nilai korelasi r = 0,783, yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara service excellence dan diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Samudra Jaya Art Photo Bridal Komplek Megaland Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kepuasan konsumen dapat dijelaskan sebesar 61,3% oleh service excellence dan diferensiasi produk. 4) Hipotesis penelitian H0 ditolak, artinya service excellence dan diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Samudra Jaya Art Photo Bridal Komplek Megaland Pematangsiantar secara simultan maupun parsial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/maker.v2i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

 Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

 maker@stiesultanagung.ac.id

Telp/Fax. (0622) 25626


P-ISSN: 2502-4434

E-ISSN: 2686-259X