EMOTIONAL SHOPPING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI GAYA HIDUP DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK 3SECOND

Siti Barokah, Bunga Asriandhini, Muhammad Millenian Putera

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk mengetahui hubungan gaya hidup dan motivasi belanja hedonis pada pembelian impulsif khususnya pada produk fashion dengan Merek 3second baik secara langsung maupun melalui variabel mediasi emotional shopping. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengambilan data dilakukan secara online melalui media sosial WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Twitter. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Modelling). Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya hidup dan motivasi belanja hedonis memiliki pengaruh yang signifikan pada emotional shopping, gaya hidup berbelanja tidak memiliki pengaruh pada pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis dan emotional shopping memiliki pengaruh yang signifikan pada pembelian impulsif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa emotional shopping tidak memiliki peran dalam memediasi hubungan gaya hidup dan motivasi belanja hedonis pada pembelian impulsif.

Kata kunci: emotional shopping; lifestyle, motivasi belanja hedonis, keputusan pembelian impulsif


Keywords


Emotional Shopping; lifestyle, Hedonic Shopping Motivation, Impulsive Buying.

Full Text:

PDF

References


Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51

Andani, K., & Wahyono, W. (2018). Influence of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation and Fashion Involvement Toward Impulse Buying through a Positive Emotion. Management Analysis Journal, 7(4), 448–457. https://doi.org/10.15294/maj.v7i4.24105

Andryansyah, M., & Arifin, Z. (2018). Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Konsumen Hypermart Malang Town Square yang melakukan pembelian tidak terencana). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 57(1), 111–118.

Ashman, R., Solomon, M. R., & Wolny, J. (2015). An old model for a new age: Consumer decision making in participatory digital culture. Journal of Customer Behaviour, 14(2), 127–146. https://www.ingentaconnect.com/content/westburn/tm

Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial dan Motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif. 2, 1323–1337.

Cahyono, K. E., Khuzaini, K., & Widiarto, H. (2018). Shopping Life Style Memediasi Hubungan Hedonic Dan Utilitarian Value Terhadap Impulse Buying. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 20(2), 188–208. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2016.v20.i2.54

Cobb, C. J., & Hoyer, W. D. (1986). Planned versus impulse purchase behavior. Journal of Retailing.

Darmayasa, N. M. I. A. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2017). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Sales Promotion Terhadap Emotional Shopping Dan Impulse Buying Behavior. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(11), 6061–6089.

Elisabeth, L. T., & Japarianto, E. (2015). Analisa Pengaruh Promosi dan Hedonic Motivation Terhadap Impulse Buying di Ron’s Laboratory Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 1–7.

Fatmawati, I., Astuti, F. D., & Iswanti, L. (2021). The Influence of Store Atmosphere, Shopping Lifestyle, and Time Availability on Emotional Response and Impulse Buying. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), 176(ICoSIAMS), 346–354. https://doi.org/10.2991/aer.k.210121.049

Fauzi, F., & Asri, R. (2020). PENGARUH ETNOSENTRISME, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK (Studi pada Konsumen di wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(02), 236–253.

https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.86

Febrianty, P. A. T., & Yasa, N. N. K. (2020). The Effect Of The Store’s Atmosphere, Emotional Shopping, And Shopping Lifestyle On Impulse Buying. American Journal of Humanities and Sicial Sciences Research, 4(11), 38–48.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gohae, M., Dakhi, P., & Timotius, D. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Anisa Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4, 297–308.

Hidayat, R., & Erika, R. (2017). Pengaruhstore Atmosphere Dan Promosi Terhadap Shopping Emotion Dan Impulse Buying Pada Supermarket Halimah Lytech Homebatam Centre”. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 103. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v5i1.175

Kurniawan, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Sepatu Merek Fladeo di Basko Grand Mall Padang. Academy of Management Journal.

Lumintang, F. F. (2013). Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Impulse Buying Melalui Browsing Dan Shopping Lifestyle Pada Online Shop. Journal of Business Research, 5(11), 35–52. http://dx.doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.019

Mardhiyah, R. S., & Sulistyawati, L. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening pada E-Commerce Shopee. JABEISTIK : Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 9–21.

Mihailovic, L., & Tanaskovic, A. (2017). Modern marketing approach: Concept of viral marketing. Tehnika, 72(6), 910–915. https://doi.org/10.5937/tehnika1706910m

Mowen, J. C., & Minor, M. (2001). Perilaku Konsumen (Jilid 1) (5th ed.). Erlangga.

Mulyana, A. E., & N.I, A. P. (2020). Pengaruh Promosi, Atmosfer Toko, Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Ritel Modern Di Kota Batam. Journal of Applied Business Administration, 4(1), 18–22. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i1.1938

Nayebzadeh, S., & Jalaly, M. (2014). Investigating Iranian female Muslim consumer impulse buying behaviour used as a form of retail therapy. Journal of Islamic Marketing, 5(2), 302–320. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2012-0029

Nguyen, N.-L., Tran, T.-T., & Vo, M.-P. (2020). The Effect of Lifestyle , Brand Image and Personalities on Smartphone Purchase Decision of Consumers in Hochiminh City. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(3), 481–492.

Nurlie, R. M., Prihatiningrum, R. R. Y., & Rahmawati, E. (2021). Pengaruh Store Image, Store Athmosphere, dan Store Theatric terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi pada Toko Princess Cosmetic Banjarmasin. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 10(1), 26. https://doi.org/10.20527/jbp.v10i1.9949

Park, E. J., Kim, E. Y., Funches, V. M., & Foxx, W. (2012). Apparel product attributes, web browsing, and e-impulse buying on shopping websites. Journal of Business Research, 65(11), 1583–1589. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.02.043

Park, J., & Lennon, S. J. (2006). Psychological and environmental antecedents of impulse buying tendency in the multichannel shopping context. Journal of Consumer Marketing, 23(2), 58–68. https://doi.org/10.1108/07363760610654998

Prastia, F. E. (2013). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying Behaviour pelanggan toko Elizabeth Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(4), 1–6. http://journal.wima.ac.id/index.php/JUMMA/article/view/424

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Purnamasari, L. S., Somantri, B., & Agustiani, V. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying pada Shopee.co.id. 4(1), 36–48.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. https://doi.org/10.1086/209452

Sahir, S. H., Ramadhan, A., & Tarigan, E. D. S. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(031), 130.

Solihin, W. A., Tewal, B., Wenas, R., Sikap, P., Dan, K., Hidup, G., Keputusan, T., Pada, S., Unsrat, M., Manado, D. I., & Wenas, R. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Unsrat Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 511–520. https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27819

Sudarsono, J. G. (2017). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Pada Zara Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 16–25. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.16-25

Utami, C. W. (2017). Attitude, subjective norm, perceived behaviour, entrepreneurship education and self efficacy toward entrepreneurial intention university student in Indonesia.

Wardah, N. A., & Harti. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin di Shopee. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Ekonomi), 8(2), 145–166.

Welsa, H., Cahyani, P. D., & Siahaan, S. N. (2021). Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pelanggan Outlet Biru Yogyakarta). Journal of Management & Business, 4(1), 1–14.

Yuniarti, Y., Tan, M. I., Siregar, A. P., Ikhsan, A., & Amri, S. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING KONSUMEN SAAT MOMENT HARI BELANJA ONLINE. 10(01), 153–159.

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 360–368.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.