PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID DI TK PERGURUAN KRISTEN METHODIST INDONESIA PEMATANGSIANTAR

Intan Permatasari, Darwin Lie, Efendi efendi, Andy Wijaya

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 135 orang responden dari orang tua murid TK Perguruan Kristen Methodist Indonesia Pematangsiantar. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisa yang kuesioner digunakan ialah regresi linier berganda, koefisien korelasi dan determinasi, dan pengujian hipotesis.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Fasilitas dan kualitas jasa pada TK Perguruan Kristen Methodist Indonesia sudah baik begitu juga dengan kepuasan orang tua murid pada TK Perguruan Kristen Methodist Indonesia sudah tinggi. 2) Hasil analisis regresi berganda diperoleh dari persamaan regresi sebagai berikut: = Ŷ = 0,919 + 0,662X1 + 0,280X2, itu berarti bahwa terdapat pengaruh positif antara fasilitas dan kualitas jasa terhadap kepuasan orang tua murid pada TK Perguruan Kristen Methodist Indonesia Pematangsiantar. 3) Analisis koefisien korelasi adalah nilai r = 0,787 yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara fasilitas, kualitas jasa dan kepuasan orang tua murid pada TK Perguruan Kristen Methodist Indonesia Pematangsiantar. 4) Nilai koefisien determinasi = 0,619, artinya tinggi rendahnya kepuasan orang tua murid dapat dijelaskan sebesar 61,9% oleh fasilitas dan kualitas jasa. 5) Ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas dan kualitas jasa terhadap kepuasan orang tua murid baik secara simultan maupun parsial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.