DINAMIKA BUDAYA ORGANISASI, PEMBERDAYAAN DAN PERPUTARAN ANGGOTA: STUDI KASUS CREDIT UNION BONAVENTURA

William Wendy Ary

Abstract


Credit Union (CU) yang ada di Pulau Kalimantan memiliki keunikan khusus, yaitu kedekatannya dengan Etnis Dayak dan Gereja Katolik yang berlandaskan pada ekonomi yang bermoral untuk mengentas kemiskinan. Namun, masih sangat sedikit sekali penelitian yang menelaah faktor budaya organisasi, pemberdayaan, dan perputaran jumlah anggota CU dalam perspektif manajemen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dinamika budaya organisasi, pemberdayaan, dan perputaran anggota dalam lingkup CU di Kalimantan Barat yang diwakili oleh CU Bonaventura. CU Bonaventura dipilih karena memiliki latar belakang dan sejarah organisasi yang sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik triangulasi dalam menganalisis data primer yang diperoleh dari 13 responden yang tersebar dari berbagai tempat pelayanan CU Bonaventura. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) para anggota CU yang mayoritas beretnis Dayak memahami budaya organisasi di CU Bonaventura; 2) para anggota CU Bonaventura sudah merasakan dampak dari pemberdayaan anggota yang diberikan oleh CU Bonaventura selama ini; dan 3) faktor yang menyebabkan banyaknya anggota yang keluar dari keanggotaan CU karena ekspektasi yang tidak selaras dengan realita yang ditawarkan oleh manajemen CU baik itu dari segi pengetahuan terhadap produk ataupun penyelesaian masalah gagal bayar kredit yang diberikan kepada anggota terdahulu.

Kata kunci: koperasi kredit, pemberdayaan, perputaran anggota, budaya organisasi, dayak


Keywords


koperasi kredit, pemberdayaan, perputaran anggota, budaya organisasi, Dayak

References


BPS. (2018). Statistik Koperasi Simpan Pinjam. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/2019/07/19/e85a24b17a13184ee528d377/statistik-koperasi-simpan-pinjam-2018.html

Byrne, N., Mccarthy, O., & Mcmurtry, J. (2012). Credit union restructuring: don’t forget the member! (December 2013).

Carollina, M., & Sutarta, A. E. (2014). Peranan Credit Union Sebagai Lembaga Pembiayaan Mikro Studi Kasus: Pada Usaha UMKM Di Desa Tumbang Manggo Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2013. MODUS, 26(2), 157–172.

Erhardt, N., Martin-rios, C., & Heckscher, C. (2016). International Journal of Hospitality Management Am i doing the right thing ? Unpacking workplace rituals as mechanisms for strong organizational culture. International Journal of Hospitality Management, 59, 31–41. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.08.006

Hansen, M. H., Jr, J. L. M., & Batista, J. C. (2002). The impact of trust on cooperative membership retention , performance , and satisfaction : an exploratory study $. 5.

Indriyani, A. U., & Heruwasto, I. (2017). Effect of Compensation and Benefit to Employee Engagement through Organisation Brand in Indonesia ’ s Startup Company Keywords : Startup , compensation , benefit . engagement ,. (1), 83–92.

Jasevičienė, F., Vytautas, K., & Vidzbelytė, S. (2014). CREDIT UNIONS ’ ACTIVITY AND FACTORS DETERMINING THE CHOICE OF THEM IN LITHUANIA. Ekonomika, 93(1), 117–130.

John W. Creswell. (2014). Research Design_ Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches (4th ed.; V. Knight, ed.). London: SAGE Publications, Inc.

Liang, Q., Huang, Z., Lu, H., & Wang, X. (2015). Social Capital , Member Participation , and Cooperative Performance : Evidence from China ’ s Zhejiang. 18(1), 49–78.

Melisa, B. A., & Effy, R. (2019). Komunikasi Organisasi Dalam Proses Pembentukan Budaya Organisasi (Studi Nilai Budaya Organisasi I’ve Care Pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Volume, 2(1), 51–59.

Mook, L., Maiorano, J., & Quarter, J. (2015). Credit Unions : Market Niche or Market Accommodation ? https://doi.org/10.1177/0899764014538121

Sumarwan, A., & Kusuma, S. E. (2019). Why do individuals choose to become credit union members? An exploratory study of five credit unions in Yogyakarta, Indonesia why do individuals choose to become credit union members ? An exploratory study of five credit unions in Yogyakarta, Indonesia. 2nd International Conference on Management & Entrepreneurship, (March), 76–89.

Syirodj, M., & Gustomo, A. (2014). ANALYSIS OF CORPORATE LEADERSHIP CULTURE INTERNALIZATION IN GROUPE DANONE INDONESIA HEAD. Journal of Business and Management, 3(7), 718–724.

Tulus, R., & Nerang, M. (2020). Existential challenges of cooperatives and credit unions in Indonesia credit cooperatives based on the concept of. In Waking the Asian Pacific Co-operative Potential. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-816666-6.00025-2

Utama, A. P. W. (2019). From Global to Local Initiatives. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 313, 95–101.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.