MENDORONG LOYALITAS PELANGGAN PT SUTAN INDO PEMATANGSIANTAR MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN

Efendi Efendi, Marisi Butarbutar, Erbin Chandra, Johan Efendi

Abstract


Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Pendekatan yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mengunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier sederhana, korelasi dan determinasi, uji t dengan hasil penelitian, yaitu pengaruh yang positif serta signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas dan tingkat hubungan yang sedang. Penelitian ini mengkonfirmasi besarnya kontribusi variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 34,8% pada PT Sutan Indo Pematangsiantar.

Kata kunci: kualits pelayanan, loyalitas pelanggan


References


Anggarawati, I. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Marta Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 40–49. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i1.146

Khoirunnisa, A. A., & Wijayanto, A. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME DI KOTA SEMARANG. JIAB: Jurnal Administrasi Bisnis, X(1), 672. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/29180

Kurniawan, I., Maidarti, R. T., & Handayani, R. (2021). Mendorong Loyalitas Melalui Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(01), 79–88. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v2i01.136

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis (Pertama). Graha Ilmu.

Lupiyoadi, R., & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (2nd ed.). Salemba Empat.

Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. MIX: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006

Pratiwi, N. K. S., Suartina, I. W., & Sugianingat, I. A. P. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mcdonald’s Di Kota Denpasar. Widya Amrita, 1(1), 94–114.

https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1152

Sabatini, P., Lie, D., Butarbutar, M., & Efendi, E. (2015). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ANGKUTAN KOTA CV SEPAKAT KARYA BERSAMA (STUDI KASUS MAHASISWA STIE SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR). Maker: Jurnal Manajemen, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.37403/MAKER.V1I1.8

Sari, C., Elsye, S., Akuntansi, H., Universitas, B., & Petra, K. (2013). PENGARUH LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA SEBUAH PERUSAHAAN JASA AUTOMITIVE (PT “X”) DI SURABAYA. In Business Accounting Review (Vol. 1, Issue 2). http://publication.petra.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/493

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. ANDI.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v0i0.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.