MENGUJI MARKETING MIX 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEE DI SUKOHARJO

Khusnul Khotimah, Muhammad Jalari

Abstract


Mengetahui pengaruh dari Product, Price, Promotion, Place, Process, Physical Evidence terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo adalah tujuan dari penelitian ini. Populasi tidak terbatas menggunakan metode teknik Purposive Sampling dengan 80 responden. Variabel independen dari penelitian ini adalah Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), Place (X4), People (X5), Process (X6), dan Physical Evidence (X7) dengan varibel dependennya adalah Keputusan Pembelian (Y). Teknik analisis menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Analisis Regresi Linier Berganda. Diperoleh hasil, yaitu Marketing Mix 7P (Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence) berpengaruh simultan terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Product memiliki pengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Price memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Place berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. People tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Process berpengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Physical Evidende berpengaruh positif dan signifikan parsial terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo.

Kata kunci: Marketing Mix 7P, Keputusan Pembelian

Keywords


Keywords: Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence, Purchasing Decision

References


Artawan, I. P. P., & Ekawati, N. W. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOUR PACKAGE PT SMAILING TOUR DI BALI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali – Indonesia PENDAHULUAN Perkembangan pariwisata di Indonesia yang sangat pesat disebabkan oleh meningkatnya. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11, 1249–1274.

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1), 120–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Gajali, J. AL, Hufron, M., & Rahman, F. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Bakar Bilmar Adam (Studi Pada Konsumen Nasi Bakar Bilmar Adam Di Kecamatan Kumai Provinsi Kalimantan Tengah. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 33–53.

Hafi, M., & Sutanto, J. E. (2020). An Empirical Implementation of Marketing Mixes on Purchasing Decisions of Products At Pt Berlian Gresik in Indonesia. International Journal of Economics, Business and Management Research, 4(04), 218–231.

Hamidah, A., & Suhardiyah, M. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 488–496. https://doi.org/10.36456/jsbr.v1i1.3058

Hariyani, N. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PESTISIDA ORGANIK SECARA ONLINE DI LANDBOUW MART KETINDAN. Jurnal AgroSainTa, 4(2), 105–116.

Hasan, S., Wahid, M., & Basalamah, Muh, S. (2016). Marketing Mix Effect on the Decision of Customer in The Matter In Choosing The Home Purchase Loans In PT. BNI 46 Griya BNI (Persero) Tbk Branch Makassar. International Journal of Business and Management Invention, 5(6), 20–30.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Seventeeth Edition. Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th editi). Pearson Education Limited.

Marpaung, F. K., S, Markus, W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMIE PADA PT. ALAMJAYA WIRASENTOSA KABANJAHE. Jurnal Manajemen, 7(1), 49–64.

Noviyanto, I., & Basri, H. A. (2019). Analysis of the Effect of Marketing Mix on Purchasing Decisions on the Trans Park Cibubur Apartment. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(9), 295–302.

Panjaitan, E., Sinulingga, S., & Wibowo, Rulianda, P. (2019). The Effect of Marketing Mix on Consumer Purchase Decision on Bright Gas Product in Medan (Study in PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Regoin I). International Journal of Research & Review, 6(10), 205–212.

Pratama, R. A., & Waluyo, M. (2020). Analisis Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aquarium Dengan Metode SEM di PT.XYZ. Juminten : Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi, 1(3), 59–69. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i3.63

Prawira, E. Y., & Sukardi. (2019). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO PADA MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA Endy. Jurnal Fokus, 9(1), 64–75.

Salam, N. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian Produk Benih Holtikultura CV. Sumber Horti Nasional. Magister Agribis, 19(1), 1–9. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Santia, T. (2020). Riset MarkPlus: Shopee Jadi E-Commerce yang Banyak Dipakai pada Kuartal III 2020. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4359049/riset-markplus-shopee-jadi-e-commerce-yang-banyak-dipakai-pada-kuartal-iii-2020

Setiawan, A., Rois, A., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Brand Image, Brand Trust, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak Lestari Eco Desa Sembung Tulungagung. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 138–155.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryati, L., Dolorosa, E., & Oktoriana, S. (2020). Bauran Pemasaran Olahan Lidah Buaya Terhadap Keputusan Pembelian Secara E-Commerce UMKM 1 Sun Vera. SOCA: Jurnal Sosial, Ekonomi Pertanian, 14(1), 132–145. https://doi.org/10.24843/soca.2020.v14.i01.p11

Wulandari, F., & Utama, H. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Handphone Realme Di Matahari Singosaren. Journal of Business And Management, 7(1), 88–97. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/kelola




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v0i0.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.