KETERTARIKAN KONSUMEN TERHADAP LEE MIN HO SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN CITRA MEREK LAZADA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Ramadhanty Khansaputri Perdana, Nuruni Ika Kusuma Wardhani

Abstract


Saat ini Indonesia tengah dilanda Pandemi Covid-19 yang merupakan pandemi global sehingga mengharusan masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-hari di rumah dengan keadaan seperti ini menyebabkan tingkat penggunaan layanan digital khususnya e-commerce semakin meningkat. Peningkatan penggunaan e-commerce menyebabkan meningkatnya juga jumlah keputusan pembelian konsumen pada situs e-commerce. Tujuan dari terlaksananya penelitian ini ialah mengamati pengaruh yang ditimbulkan oleh brand ambassador dan citra merek terhadap keputusan pembelian di Lazada. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di e-commerce Lazada wilayah Surabaya. Penelitian ini menerapkan metode non probability sampling dalam mengambil sampel penelitian serta mengadopsi teknik accidental sampling. Terdapat 70 responden yang kemudian data yang berhasil dihimpun dari para responden dapat dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini memperoleh adanya sebuah pengaruh yang positif di dalam keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk berdasarkan brand ambassador, brand ambassador–pun memberikan pengaruh yang positif terhadap citra merek, dan citra merek akan memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk di e-commerce Lazada secara positif.

Kata kunci: Lee Min Ho, ketertarikan konsumen, keputusan pembelian


References


Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Gita, D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Pada Perusahaan Online Zalora. co. id. EProceedings of Management, 3.

Jayani, D. H. (2020). Peta Persaingan ECommerce Indonesia pada Kuartal II 2020.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education,Inc.

Lea, G. G. (2012). Fashion Marketing Communication. Somerset.

Lidwina, A. (2020). Penggunaan Layanan Digital di Indonesia Selama Pandemi Covid – 19.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

Mangkunegara, A. P. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Rozalia, & Rinuastuti, H. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Sepatu Nike Dikota Mataram. Jurnal Distribusi, 8(2), 149–162.

Setiadi, A. (2015). pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Lenovo (Studi Pada Pengguna Smartphone Lenovo di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Utomo, G. W., & Prabawani, B. (2017). Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Type Nex. Administrasi Bisnis, 6(4), 287–297.

Wijianty, M. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bsinis Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Epigram, 13(1).

Yolanda, R., & Soesanto, H. (2017). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PRODUK, DAYA TARIK PROMOSI, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi FEB Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 834–845.

Yusiana, R., & Maulida, R. (2015). Pengaruh Gita Gutawa sebagai brand ambassador pond’s dalam mempengaruhi keputusan pembelian (studi kasus pada mahasiswi Universitas Telkom jurusan D3 manajemen pemasaran). Ecodemica, 3(1), 311–316.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v0i0.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.