MEMBENTUK MOTIVASI MAHASISWA MENJADI AGROPRENEUR MELALUI MATA KULIAH AGROTECHNOPRENEURSHIP

Liska Simamora

Abstract


Mata kuliah kewirausahaan menjadi mata kuliah wajib untuk semua fakultas setiap universitas di tanah air. Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana (FPB-UKSW) memberi nama mata kuliah kewirausahaan dengan sebutan Agrotechnopreneurship. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mata kuliah Agrotechnopreneurship dan orientasi wirausaha mahasiswa terhadap motivasi mahasiswa Program Studi Agribisnis dan Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Bisnis UKSW menjadi seorang agropreneur. Teknik pengumpulan sampel menerapkan non-probability sampling secara purposive dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang mahasiswa. Data dianalisis dengan PLS-SEM dengan menggunakan software SmartPLS 3.0 dan diperoleh hasil sebagai berikut:  (1) Mata kuliah Agrotechnopreneurship memiliki pengaruh yang nyata dan positif terhadap pembentukan orientasi berwirausaha mahasiswa karena dalam teori dan praktek mahasiswa diharuskan memahami permasalahan secara khusus di bidang pertanian dan mencari solusinya dengan cara menciptakan produk dan menjualnya; (2) Mata kuliah Agrotechnopreneurship memiliki pengaruh yang nyata dan positif terhadap pembentukan motivasi mahasiswa menjadi agropreneur karena selama menjalani kuliah baik teori dan praktek wawasan mahasiswa semakin bertambah tentang berbagai peluang bisnis yang ada di bidang pertanian; (3) Orientasi berwirausaha memiliki pengaruh yang nyata dan positif terhadap pembentukan motivasi mahasiswa menjadi agropreneur karena pengalaman yang diperoleh mahasiswa salah satunya adalah bahwa menjadi wirausahawan di bidang pertanian harus peka dan peduli terhadap kebutuhan masyarakat dan petani dimana kepedulian tersebut akan melahirkan ide bisnis yang bermanfaat dan menguntungkan.

Kata kunci: agropreneur, agrotechnopreneurship, kewirausahaan, orientasi wirausaha.


Keywords


Agropreneur, Agrotechnopreneurship, Enterpreneurship, Entrepreneurship Orientation

References


Bolton, D. L., & Lane, M. D. (2012). Individual entrepreneurial orientation : development of a measurement instrument. 54(2), 219–233. https://doi.org/10.1108/00400911211210314

Etzkowitz, H. (2013). Anatomy of the entrepreneurial university. Social Science Information, 52(3), 486–511. https://doi.org/10.1177/0539018413485832

Fayolle, A., & Gailly, B. (2015). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial attitudes and intention: Hysteresis and persistence. Journal of Small Business Management, 53(1), 75–93. https://doi.org/10.1111/jsbm.12065

González Moreno, Á., López Muñoz, L., & Pérez Morote, R. (2019). The Role of Higher Education in Development of Entrepreneurial Competencies: Some Insights from Castilla-La Mancha University in Spain. Administrative Sciences, 9(1), 16. https://doi.org/10.3390/admsci9010016

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sinkovics, R. R. (2009). The use of partial least squares path modeling in international marketing. Advances in International Marketing, 20, 277–319. https://doi.org/10.1108/S1474-7979(2009)0000020014

Hermina, U. N., Novieyana, S., & Zain, D. (2011). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha Pada Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Eksos, 7(2), 130–141.

Hussain, S., Fangwei, Z., Siddiqi, A. F., Ali, Z., & Shabbir, M. S. (2018). Structural Equation Model for evaluating factors affecting quality of social infrastructure projects. Sustainability (Switzerland), 10(5), 1–25.

https://doi.org/10.3390/su10051415

Kahan, D. (2012). Entrepreneurship in Farming. In Farm management extension guide. http://www.fao.org/uploads/media/5-EntrepreneurshipInternLores.pdf

Katopo, F. (2015). Analisa Pengaruh Individual Factor Terhadap Entrepreneur Motivation Mahasiswa Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra Surabaya. Agora, 3(1), 677–685.

Lestari, R. B., & Wijaya, T. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. 1(2), 112–119.

Lumpkin, G. T., & Dess, G. G. (1996). Linking Two Dimensions of Entrepreneurial Orientation to Firm Performance: The Moderating Role of Environment and Industry Life Cycle. 9026(00), 429–451.

Matthews, L., Hair, J., & Matthews, R. (2018). PLS-SEM: The holy grail for advanced analysis. Marketing Management Journal, 28(1), 1–13. http://0-search.ebscohost.com.lib1000.dlsu.edu.ph/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=129696340&site=eds-live

Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica, 1(1), 89–97.

Rusdiana. (2018). KEWIRAUSAHAAN teori dan praktik. E-Library STIEM Bongaya, 2(2), 1–20.

https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17779.12327

Sargani, G. R., Zhou, D., Mangan, T., & Rajper, H. (2019). Determinants Of Personality Traits Influence On Entrepreneurial Intentions Among Agricultural Students Evidence From Two Different Economies. European Journal of Business and Management Research, 4(5), 1–10.

https://doi.org/10.24018/ejbmr.2019.4.5.105

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2020). Handbook of Market Research. In Handbook of Market Research (Issue September). https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8

Sauddini, A., & Ramadhani, N. S. (2018). Analisis pengaruh keterampilan mengajar, emosi mahasiswa, tekanan akademik dan. Jurnal Msa, 6(1), 6–12.

Suharjo, B., & Sumarno, H. (2016). Perbandingan Pendugaan Parameter Koefisien Struktural Model Melalui SEM dan PLS-SEM. 15(2), 11–22.

Wetzels, M., Odekerken-Schröder, G., & Oppen, C. Van. (2009). Assessing Using PLS Path Modeling Hierarchical and Empirical Construct Models : Guidelines. MIS Quarterly, 33(1), 177–195.

Yusoff, A., Ahmad, N. H., & Halim, H. A. (2015). Promoting Agropreneurship among Gen Y: An Integration of Individual, Institutional and Social Level Factors. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 9(14), 74–86.

Yusoff, A., Ahmad, N. H., & Halim, H. A. (2016). Entrepreneurial orientation and agropreneurial intention among Malaysian agricultural students: the impact of agropreneurship education. Advances in Business-Related Scientific Research Journal, 7(1), 77–92.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v0i0.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.