ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI DEILICIOUS KITCHEN SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN STRATEGI PRODUK DAN HARGA

Erika Larasati Fajrina, Cecep Safa'atul Barkah, Arianis Chan, Pratami Wulan Tresna

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan pembelian makanan di Deilicious Kitchen. Motivasi konsumen dalam penelitian ini akan dikelompokkan berdasarkan motif pembelian konsumen, yaitu motif pembelian rasional dan motif pembelian emosional. Hasil dari penelitian ini akan dijadikan dasar untuk memperbaiki strategi produk dan harga di Deilicious Kitchen agar dapat berkembang dan bertahan di tengah-tengah persaingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 88 konsumen Deilicious Kitchen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat motif pembelian yang paling dominan dalam mendorong atau merangsang konsumen untuk melakukan pembelian makanan di Deilicious Kitchen, yaitu: variasi menu dengan nilai rata-rata 4,43; kualitas produk dengan nilai rata-rata 4,38; harga dengan nilai rata-rata 4,07; dan penampilan produk dengan nilai rata-rata 3,78. Empat motif yang paling dominan ini kemudian disarankan untuk menjadi prioritas dari bisnis Deilicious Kitchen dalam perbaikan strategi produk dan harga.  

Kata kunci: motivasi konsumen, motif rasional, motif emosional


Keywords


motivasi konsumen; motif rasional; motif emosional

References


Kompas.com. (2020). Pandemi Covid-19 Pengaruhi Pola Belanja, Apa yang Jadi Tren? https://money.kompas.com/read/2020/07/10/152826026/pandemi-covid-19-pengaruhi-pola-belanja-apa-yang-jadi-tren?page=all

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Prehallindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Manning, G. L., Ahearne, M., & Reece, B. L. (2012). Selling Today : Partnering to Create Value. Pearson Prentice Hall.

Molan, B. (2005). Manajemen Pemasaran. Indeks Kelompok Media.

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior Build Marketing Strategy 13th edition. In McGraw-Hill Education (Vol. 13). McGraw-Hill Education. https://doi.org/10.2307/1251656

Mulyadi, H. (2017). Analisis Penetapan Harga PD. Jasa Saudara Textile. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112.

Naashir, M., Istiatin, & Hartono, S. (2016). Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada Dealer Honda Astra Motor Palur. Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publisher.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior, Eleventh Edition. In Consumer Behavior (Issue 6).

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana Prenada Media.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen. Kencana Prenada Media.

Setiawan, & Harahab, N. (2013). Analisis Motivasi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Olahan Seafood. ECSOFiM, 1(1), 109–116.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yusa, V. De. (2015). Pengaruh Motif Rasional dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Blackberry di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 9(2), 97–111.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v0i0.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.