PERAN KONSULTASI BP3TKI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DAN DILEMA BIROKRASI DALAM PENANGANAN KASUS TENAGA KERJA INDONESIA

Risa Latifatul Hikmah, Evi Sukmayeti, Vidya Yanti Utami

Abstract


Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih menjadi salah satu solusi masalah pengangguran di Indonesia sekalipun menurut remitansi yang disetor pada tahun 2017 mengalami penurunan. Urusan TKI saat ini semakin desentralistis dengan semakin besarnya ruang pemerintah daerah untuk ikut terlibat dalam tatakelolanya. BP3TKI memiliki fungsi dalam urusan tersebut. Penelitian ini menjelaskan peranan BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam penanganan kasus TKI bermasalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretif terhadap bentuk langkah BP3TKI dalam penyelesaian kasus TKI di negara penempatan. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara analisisnya menggunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan BP3TKI Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam penyelesaian kasus TKI bermasalah lebih cenderung konsultatif. BP3TKI tidak memiliki kewenangan dan kapasitas langsung menyelesaikan persoalan tersebut di negara lain. Namun alur birokrasi konsultasi penanganan kasus TKI bermasalah disederhanakan dengan digunakannya media sosial berbasis internet selain media konvensional. Diantara kendala yang dihadapi oleh BP3TKI adalah status illegal TKI sehingga sulit untuk mengkonfirmasi informasi yang diadukan oleh keluarga dengan data yang dimiliki oleh KBRI dan perubahan status legalitas karena desakan kondisi yang dihadapi oleh TKI di negara penempatan.


Keywords


BP3TKI, Dilema Birokrasi, Tenaga Kerja Indonesia

References


Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Jumaah, S. H., & Husein, R. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Mengatasi Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kabupaten Lombok Timur Tahun 2015-2017. Jurnal Pengembangan Kesejahteraan Sosial , 17 (3), 267-286.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor KEP-104 A/MEN/2020 Tentang Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri.

Meier, K. J., Compton, M., Polga-Hecimovich, J., Song, M., & Wimpy, C. (2019). Bureaucracy and The Failure of Politics: Challenges to Democratic Governance. Administration and Society , 51 (10), 1576-1605.

Migration, I. O. (2010). Labour Migration From Indonesia-An Overview of Indonesian Migration to Selected Destinations in Asia and The Middle East. Jakarta: IOM.

Novianti, K. (2010). Analisis Trend Dan Dampak Pengiriman TKI: Kasus Dua Desa Di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kependudukan Indonesia , V (1), 15-39.

Putri, M. R., Purnaweni, H., & Soedjono. (2019). Implementasi Kebijakan Penempatan Dan Perlindungan Tki Di Luar Negeri Oleh BP3TKI Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Transparansi , 2 (1), 84-96.

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

SMERU, L. P. (2011). Desentralisasi Dan Tata Kelolaketenagakerjaan Luar Negeri. Jakarta: Lembaga Penelitian SMERU.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. (2012). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa Umum.

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 Tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Wahyu, S. (2017). Retrieved September 15, 2020, from DW.com: https://www.dw.com/id/membaca-kritis-uu-pelindungan-pekerja-migran-indonesia/a-41595460

Widodo, N. (2009). PERMASALAHAN TENAGA KERJA INDONESIA DI DAERAH ASAL Studi Kasus Kabupaten Tulungagung J awa Timur. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 14 (1), 33-46.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i2.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

         

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.