PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA TOKO HARUM MANIS PEMATANGSIANTAR

Marina marina, Marisi Butarbutar, Efendi efendi, Ady Inrawan

Abstract


Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Karyawan menyatakan kompensasi sudah tinggi dan retensi karyawan dikategorikan cukup tinggi. 2) Hasil analisis regresi adalah Ŷ = 27,368 + 0,505X, berarti kompensasi berpengaruh positif terhadap retensi karyawan. 3) Hasil nilai r = 0,626 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kompensasi dan retensi karyawan Toko Harum Manis Pematangsiantar. 4) Pada uji hipotesis H0 ditolak,Ha diterima, dimana thitung 4,252 > ttabel dengan derajat kebebasan n-2 (30-2=28) sebesar 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan pada Toko Harum Manis Pematangsiantar.

Adapun saran dari hasil penelitian, untuk meningkatkan kompensasi, perusahaan dapat meningkatkan pemberian bonus terhadap karyawan guna untuk mendorong dan memotivasi karyawan agar karyawan dapat bekerja secara optimal. Untuk meningkatkan retensi karyawan, perusahaan seharusnya lebih bersifat demokratis dan terbuka atas jenjang dan peluang karier yang ada di perusahaan.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.37403/maker.v1i2.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

         

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.