MOTIVATION TO USE PRIVATE TRANSPORTATION: CASE STUDY IN JABODETABEK

Alex Iskandar Munaf, Wiwik Rachmarwi, Amanda Setiorini, Dety Nurfadilah

Abstract


Kemacetan lalu lintas di Indonesia dinilai lebih parah dibandingkan negara tetangga lain, seperti Malaysia dan Singapura. Menyikapi hal itu, Pemerintah saat ini sedang membangun LRT dan MRT dengan maksud untuk mengurangi jumlah transportasi pribadi. Namun studi terkait motivasi internal masyarakat dalam menggunakan transportasi pribadi di Indonesia masih sangat terbatas dan perlu kajian lebih lanjut agar dapat memberikan wawasan yang baik bagi pembuat kebijakan dan praktisi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi masyarakat menggunakan transportasi pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei, 151 data dikumpulkan melalui media online dan dianalisis menggunakan regresi berganda dimana model harus memenuhi uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik yang dipersyaratkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan nilai yang dipersepsikan berkorelasi positif dengan motivasi masyarakat dalam menggunakan kendaraan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk memperluas literatur dengan hanya menggali faktor internal terhadap transportasi pribadi. Temuan ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi pembuat kebijakan dan praktisi untuk membuat strategi prioritas guna mengurangi kemacetan di Indonesia.


Keywords


Transportasi Pribadi, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Nilai, Persepsi Risiko, Persepsi Kegunaan

Full Text:

PDF

References


Alshibly, H. H. (2014). The Effects of Characteristics of Electronic Document Management Systems on Their Acceptance: An Empirical Study In Jordan. International Journal of Information, Business and Management, 6(4), 126-145

Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlahkendaraanbermotormenurutjeniskendaraan (unit) di Provinsi DKI Jakarta 2017-2019. Retrieved December 13, 2020, from https://jakarta.bps.go.id/indicator/17/786/1/jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis-kendaraan-unit-di-provinsi-dki-jakarta.html

Beirão, G., & Cabral, J. S. (2007). Understanding attitudes towards public transport and private car: A qualitative study. Transport policy, 14(6), 478-489.

Borhan, M. N., Syamsunur, D., Mohd Akhir, N., Mat Yazid, M. R., Ismail, A., &Rahmat, R. A. (2014). Predicting the use of public transportation: a case study from Putrajaya, Malaysia. The Scientific World Journal, 2014.

Burian, J., Zajíčková, L., Ivan, I., &Macků, K. (2018). Attitudes and motivation to use public or individual transport: a case study of two middle-sized cities. Social sciences, 7(6), 83.

Cordner, G. (2010). Reducing Fear of Crime Strategies for Police. U.S. Department of Justice Office of Community Oriented Policing Services.

Dowling, G. R., & Staelin, R. (1994). A Model of Perceived Risk and Intended Risk-handling Activity. Journal of Consumer Research, 21(1), 119–134. https://doi.org/10.1086/209386

Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelituan Bidang Ekonomi dan Sosial. Penerbit Andi.

Ghozali, I. (2007). AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: PenerbitUndip.

Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M., &Sartedt, M. (2014). A primer on partial least squares structural equation modeling. Thousand Oaks, CA: Sage.

Kurniawan, D. (2017). Mengapakendaraanpribaditerusbertumbuh?. Retrieved December 13, 2020, from https://pustral.ugm.ac.id/2017/10/05/mengapa-kendaraan-pribadi-terus-bertumbuh/

Lai, W.-T., Chen, C.-F. (2011). Behavioral intention of public transit passenger - the role of service quality, perceived value, satisfaction and involvement. Transport Policy, 18(2), 318 - 325.

Liao, F., Molin, E., &Van Wee, B. (2017). Consumer preferences for electric vehicles: a literature review. Transport Reviews, 37(3), 252-275.

Madan, C. R., &Kensinger, E. A. (2017). Test–Retest Reliability of Brain Morphology Estimates. Brain Informatics, 4, 107–121.

Mathwick, C., Malhotra, N., & Rigdon, E. (2001). Experiential value: Conceptualization, measurement and application in the catalog and Internet shopping environment. Journal of Retailing, 77(1), 39–56. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(00)00045-2

Santoso, S. (2010). StatistikMultivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sánchez-Atondo, A., García, L., Calderón-Ramírez, J., Gutiérrez-Moreno, J. M., &Mungaray-Moctezuma, A. (2020). Understanding Public Transport Ridership in Developing Countries to Promote Sustainable Urban Mobility: A Case Study of Mexicali,Mexico. Sustainability, 12(8), 3266.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumaedi, S.,Bakti, I. G. M., Rakhmawati,T., Astrini, N. J., Widianti, T. (2016). Factors influencing public transport passengers' satisfaction: a new model. Management of Environmental Quality, 27(5),585-597.

Tamaela, T. M. (2015). Alasan warga yang tetap memilih naik kendaraan pribadi di Jakarta. Retrieved December 13, 2020, from https://megapolitan.kompas.com/read/2015/01/09/14180471/Alasan.Warga.yang.Tetap.Memilih.Naik.Kendaraan.Pribadi.di.Jakarta.

Wen, C.H., Lan, L.W., Cheng, H.L. (2005). Structural equation modelling to determine passenger loyalty toward intercity bus services. Journal of the Transportation Research Board,1927, 249 - 255.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i2.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

              

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.