ANALISIS PENGARUH KUALITAS, FITUR, DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA GENUINE PARTS DI JUN’S MOTOR SURABAYA

Edy Anas Ahmadi

Abstract


Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis bidang otomotif seperti Jun’Motor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas produk, fitur, dan desain produk terhadap kepuasan pelanggan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang pelanggan dari Jun’s Motor dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian secara kuantitatif ditunjukkan dengan persamaan: Y = -0,712 + 0,458X1+ 0,088 X2+ 0,538 X3. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dua variabel independen kualitas dan desain produk berpengaruh positif dan fitur berpengaruh negatif secara parsial terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen keputusan pembelian.


Keywords


Kualitas, Fitur, Desain Produk, Keputusan Pembelian

References


Ahmad Lu’lu’ Dhiyaun Nuha (2015), Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada Cv. Munawir Furniture Di Jepara, Universitas Diponegoro Semarang.

Arikunto (2008), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Cannon, Joseph P, dkk (2008), Pemasaran Dasar, Edisi 16 Pendekatan Manajerial Global, Salemba 4, Jakarta.

Fahma Ilmaya (2011), Analisis Pengaruh Interaksi Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Eka Batik Semarang, Universitas Diponegoro Semarang.

Fajar,laksana (2008), Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ginting, Rosnani (2012), Sistem Produksi. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kotler, Philip: Armstrong, Garry (2008). Prinsip-prinsip pemasaran, Jilid I, Erlangga, Jakarta.

Kotler. Philip dan Kevin Lane Keller (2008), Manajemen pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid Dua, Erlangga, Jakarta.

Kotler. Philip dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen pemasaran. Edisi Ketiga Belas , Erlangga, Jakarta.

Kotler. Philip dan Kevin Lane Keller (2010), Manajemen pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 2 , Erlangga, Jakarta.

Maiqel Efendi (2015), Pengaruh Merk, Kemasan Dan Desain Produk Terhadap Loyalitas Pelangganproduk Susu Pt. Ultra Jaya (Studi Kasus Pada Kirana Mart Gampengrejo Kediri), Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Moh. Saiful (2015), Pengaruh Potongan Harga, Kualitas Produk Dan Lay Out (Tata Letak) Terhadap Volume Penjualan Di Swalayan Dinasia (Study Pada Masyarakat Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar), Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Purwanto (2009). Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar, Surakarta.

Ririn Tri Ratnasari dan Mastuti H. Aksa (2011). Manajemen Pemasaran Jasa, Ghalia Indonesia, Bogor.

Saifuddin, Azwar (2012), Metode Penelitian, Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar (2008). Perilaku Konsumen, Edisi 7, Indeks, Jakarta.

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar(2010). Perilaku Konsumen. Alih bahasa Zulkifli Kasip. PT. Indeks Group Gramedia, Jakarta .

Sugiyono (2008), Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R& D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono (2009), Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Zamroni (2010), pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Merek Polytron Di Kabupaten Kudus, Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i2.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

         

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.