PERSEPSI CALON NASABAH PERBANKAN KONVENSIONAL DAN SYARIAH MELALUI TEORI PERILAKU TERENCANA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BINA BANGSA

Leni Triana, Yuliah Yuliah, Wahyu Widodo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perilaku calon nasabah dalam mengambil keputusan untuk menginvestasikan dana ke perbankan melalui teori perilaku terencana. Metode penelitian yang dipakai diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi pada 120 sampel, yakni mahasiswa tingkat akhir Universitas Bina Bangsa Kota Serang. Hasil analisis teridentifikasi dari 120 sampel, 69 mahasiswa atau sebesar 57,5%  tertarik untuk menabung ke bank syariah karena sesuai dengan Hukum Islam, yakni Al-quran, Hadist, dan Fatwa MUI mengharamkan riba atas akad yang ada, serta mempunyai prinsip kehati-hatian dalam penyaluran dana. 51 mahasiswa atau sebesar 42,5% tertarik menabung pada bank konvensional karena memberikan imbal hasil berupa bunga, memiliki banyak cabang, sering melakukan undian berhadiah, dan dengan aset yang cukup banyak mempermudah debitor untuk melakukan pinjaman ke bank konvensional.

Kata kunci: Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Lembaga Perbankan

 


References


Ajzen, I. (1991), The Theory of Planned Behavior, Organization Behavior and Human Decision Processes. Vol. 50, 179-211.

_____. (2005), Attitudes, Personality and Behavior, New York. USA: Open University Press

Arikunto, S, (2013), Manajemen Penelitian, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Cahyono, A. E. (2014). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI VARIABEL INTERVENING TEORI PERILAKU TERENCANA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 171(6), 727–735. https://doi.org/10.1530/EJE-14-0355

Daulay, D. A., Silalahi, M., Sisca, S., & Dharma, E. (2019). Pengaruh Tata Letak Dan Pegawasan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt Bank Sumut Cabang Syariah Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 5(2), 25–35. https://doi.org/10.37403/maker.v5i2.116

Otoritas Jasa Keuangan, (2019), statistik perbankan syariah, market share, https://www.ojk.go.id, diakses 09 Desember 2019, 19:29

Prawira, M. Y., Butarbutar, M., Nainggolan, L. E., Manajemen, P. S., Pematangsiantar, K., Utara, S., … Ulang, M. B. (2019). PENGARUH IKLAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN PERSEPSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CAFÉ COFFEE TIME AND SEAFOOD PEMATANGSIANTAR. Jurnal MAKER, 5(2), 48–60.

Salim, J. (2017). PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SEKOLAH YAYASAN PERGURUAN SULTAN AGUNG (Survei pada Siswa/i SMA Swasta Sultan Agung). Jurnal MAKER, 3(2), 56–65.

Situs Resmi Bank Indonesia, (2019), Seri Ekonomi dan Keuangan Syariah, Perbedaan bank konvensional dan bank Syariah, www.bi.go.id,

SYARIAH), P. C. N. P. M. T. P. T. (STUDI K. P. B. K. D. B. (2019). PERSEPSI CALON NASABAH PERBANKAN MELALUI TEORI PRILAKU TERENCANA (STUDI KASUS PADA BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH). Hilos Tensados, 1, 1–476. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

         

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.