PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEPRI MALL

Daniel Septian, Asron Saputra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan antara promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kepri Mall dengan teknik pengambilan sampel jenuh dimana sampel yang diambil adalah seluruh populasi yang ada di Kepri Mall yang berjumlah 104 tenant. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji kualitas data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji pengaruh dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi (R2), sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan (uji t) dan (uji F) dengan menggunakan SPSS 25. Dari hasil uji t dan uji F, maka dapat disimpulkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, serta promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Kepri Mall.


Kata kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen


References


Anita Mustikasari. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasusfood Court Uny). Jurnal DINAMIKA TEKNIK, XIII.

Arini, I., Fatimah Feti, & S, W. E. (2018). Pengaruh Harga, Desain,Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), 8.

Aswad, S., Realize, R., & Wangdra, R. (2018). Pengaruh harga dan kualitas Pelaynan terhadap kepuasan konsumen pengguna air bersih masyarakat kampung air Batam Center. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam). https://doi.org/10.33884/jimupb.v6i2.681

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7.

Fauzi, A., Sarlo, K., Kenny, Hutagaol, J., & Made Adhiguna Samvara. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Tiket Pesawat Garuda Pada PT. Hamsa Tour And Travel. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 02.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media. https://doi.org/10.1016/j.jhsa.2008.07.013

Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur Dalam Penelitian (3rd ed.). Bandung: Cv Pustaka Setia.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian. yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.

Tuuk, J. F., Karuntu, J. L., & M., S. M. (2019). Pengaruh Pelayanan, Produk, dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Merek Toyota Di Manado (Studi Pada Pt. Hasjrat Abadi Di manado). Jurnal EMBA, 7.

Uran, S. P. G. O., & Sugiarso, T. (2017). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Muslim parabola Cileungsi Bogor. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 10.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

         

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.