PENGARUH ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MOJOKERTO

Khafidatul Ilmiyah, Indra Krishernawan

Abstract


Riset ini berencana untuk mengenali pengaruh ulasan produk, kemudahan, kepercayaan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Mojokerto. Jenis penelitan adalah riset kuantitatif. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah 100 responden diperoleh dengan memakai metode sampling purposive. Pengumpulan data diambil menggunakan kuesioner lewat google form. Metode analisa data, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F, serta koefisien determinasi. Perhitungan data memakai SPSS 21. Hasil pengujian melaporkan bahwa ulasan produk tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Mojokerto, sebaliknya kemudahan, kepercayaan, serta harga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Mojokerto. Variabel kemudahan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan kepada keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Mojokerto.

Kata kunci: Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Harga, Keputusan Pembelian


References


Anggraeni, P., & Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online pada situs www. traveloka. com. eProceedings of Management, 3(2).

Firmansyah, Anang, M. 2019. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran).Edisi 1. Penerbit Deepublish (Group Penerbitan CV Budi Utama).

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Laili Hidayati, N. U. R. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 6(3).

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis Teknologi, 4(1), 14-22.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2018. Principles of Marketing 17th ed. London : Pearson Education.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.

Langton, N. Robbins, P, S. Dan Judge, A, T. 2016. Organizational Behaviour. Seventh Canadian Edition.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nasution, H. F. (2018). Pengaruh Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 26-39

Nurul, M., Soewarno, N., & Isnalita, I. (2019). Pengaruh Jumlah Pengunjung, Ulasan Produk, Reputasi Toko Dan Status Gold Badge pada Penjualan Dalam Tokopedia. E-Jurnal Akuntansi, 1855-1865

Saripa. 2019. Pengaruh Ulasan Dan Penilaian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tokopedia (Studi Kasus 3 Kecamatan Dikota Makassar). Skripsi. Sekolah Tinggi Ekonomi Nobel Indonesia

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Suharyadi, dan Purwanto S.K. 2015. Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).

Tanjaya, S. C., Mananeke, L. L., & Tawas, H. N. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan Dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape Di Instagram. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).

Usvita, M. (2017). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan dan Persepsi Akan Resiko Menggunakan E-commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survey pada Konsumen Lazada. co. id). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(1), 47-53.

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia?page=all [09/07/19]

https://apjii.or.id/content/read/104/348/BULETIN-APJII-EDISI-22---Maret-2018 [09/07/19]

https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee [09/07/19]

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190904193850-185-427589/adu-balap-transaksi-triliunan-rupiah-shopee-dan-tokopedia [25/10/19]

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4088547/shopee-catatkan-12-juta-transaksi-per-hari-di-indonesia [25/10/19]




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

         

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.