ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TIKET PESAWAT SECARA ONLINE

Mutiya Oktariani, Rizki Zulfickar

Abstract


Penelitian ini diadakan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tiket pesawat secara online yang memakai Aplikasi Traveloka dan tiket.com, serta jumlah elastisitas permintaan untuk faktor-faktor tersebut. Dengan menggunakan responden sebanyak 34 orang yang menggunakan kedua aplikasi tersebut, kemudian penelitian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil menetapkan bahwa variabel harga pada kedua aplikasi, pendapatan konsumen, dan rekomendasi berpengaruh terhadap permintaan tiket pesawat secara online. Hasil elastisitas harga tiket pesawat online bersifat elastis untuk Aplikasi Traveloka, sedangkan harga tiket pada aplikasi tiket.com bersifat inelastis.

Kata kunci: Permintaan, Elastisitas Permintaan, Tiket Pesawat Terbang


References


Basu, A. (2019). Viability assessment of emerging smart urban para-transit solutions: Case of cab aggregators in Kolkata city, India. Journal of Urban Management. Doi:10.1016/j.jum.2019.01.002

Buhalis, D. (2004). E-Airlines: strategic and tactical use of ICTs in the airline industry. Information & Management, 41(7), 805–825. doi:10.1016/j.im.2003.08.015

Chang, Z., Chen, J., Li, W., & Li, X. (2019). Public transportation and the spatial inequality of urban park accessibility: New evidence from Hong Kong. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 76, 111–122. doi:10.1016/j.trd.2019.09.012

Díaz, E., & Martín-Consuegra, D. (2016). A latent class segmentation analysis of airlines based on website evaluation. Journal of Air Transport Management, 55, 20–40. doi:10.1016/j.jairtraman.2016.04.007

Duari, I. P. H. H. (2018). Tiket Penerbangan Domestik. Deepublish.

Fauzia, R. N. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan Social Commerce di Indonesia.

Futong, Iskandar. (2003). Ekonomi Mikro &Makro. Ghalia Indonesia: Jakarta

Hadi, I. P. (2010). Perkembangan teknologi komunikasi dalam era jurnalistik modern. Scriptura, 3(1), 69-84.

Huwel, S. F., & Saepudin, H. T. (2018). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Jasa Angkutan Travel Lintas Shuttel Rute Bandung–Jakarta

Kurniawansyah, A. D. (2019). Analisis Permintaan Obyek Wisata Air Terjun Way Lalaan, Kabupaten Tanggamus Dengan Pendekatan Travel Cost Method.

Mohamad Darayi, Kash Barker, Charles D. Nicholson. (2018). A Multi-Industry Economic Impact Perspective on Adaptive Capacity Planning In a Freight Transportation Network. International Journal of Production Economics. Doi: 10.1016/j.ijpe.2018.12.008

Mujiyana & Elissa, 1. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@TI Undip, VIII (3), 143-152

Nižetić, S., Djilali, N., Papadopoulos, A., & Rodrigues, J. J. P. C. (2019). Smart technologies for promotion of energy efficiency, utilization of sustainable resources and waste management. Journal of Cleaner Production, 231, 565–591. doi:10.1016/j.jclepro.2019.04.397

Nugraha, B. (2016). Pelaksanaan E-Marketing Pt. Garuda Indonesia Airlines Dalam Penjualan Tiket Secara Online Melalui Media Sosial.

Nugroho, J., Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen. Penerbit PT: Kencana Prenanda.

Rahmadhani, Triani. (2017). Analisis Permintaan Jasa Angkutan Penumpang Udara Di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. JOM Fekon, 4(1), 858-869

Restuti, S., & Musfar, T. F. (2014). Analisis Kepuasan Konsumen atas Kualitas Layanan Electronic Ticketing Dalam Pembelian Tiket Pesawat Di Kota Tanjungpinang. PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), 6(2), 94-104.

Salsabilla, S., Kholid, M. N., & Maharani, Y. (2019). Aplikasi Pembelian Tiket Pesawat: Memahami Determinan Niat untuk Melanjutkan Penggunaan. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(1), 57-68.

Saragih, H., & Ramdhany, R. (2012). Pengaruh intensi pelanggan dalam berbelanja online kembali melalui media teknologi informasi forum jual beli (FJB) Kaskus. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 100-112.

Sholeha, S. H., Saroh, S., & Zunaida, D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Permintaan Penyewaan Jasa Travel (Studi Kasus Pada Sunrise Holiday Tour and Travel Malang). JIAGABI, 8(2), 105-112.

Shon, Z.-Y., Chen, F.-Y., & Chang, Y.-H. (2003). Airline e-commerce: the revolution in ticketing channels. Journal of Air Transport Management, 9(5), 325–331. Doi: 10.1016/s0969-6997(03)00040-1

Sitorus, P.P., Keke, Y., & Sitorus, M.R. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan pembelian Tiket Pesawat Pada Online Travel Agent. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan logistik. 4(2), 141-146.

Soeharno. (2007).Teori Mikroekonomi. Andi: Yogyakarta.

Sugiarto, dkk. (2000). Ekonomi Mikro. PT.Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sulaiman, Wahid. (2004). Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Andi: Yogyakarta

Taufiq, T., Hasid, Z., & Noor, A. (2019, January). Pengaruh harga dan pendapatan perkapita terhadap permintaan udang windu. In Forum Ekonomi (Vol. 20, No. 1, pp. 46-53.




DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

         

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.