PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO TERHADAP EKSISTENSI USAHA MIKRO (STUDI PADA NASABAH PD BPR BANK SLEMAN)

Dila Damayanti

Abstract


Penelitian berjudul "Peran Lembaga Keuangan Mikro untuk Usaha Mikro (studi nasabah PD BPR Bank Sleman di Kabupaten Sleman)" bertujuan untuk menganalisis peran lembaga keuangan mikro dalam keberadaan usaha mikro di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan variabel dependen (Y) adalah Mikro Keberadaan Bisnis yang ditunjukkan oleh kinerja Perusahaan Mikro dan variabel independen (X) terdiri dari Fasilitator Manajemen (X1), Fasilitator Pemasaran (X2) dan variabel Fasilitator Keuangan (X3). Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan instrumen kuesioner kepada nasabah PD BPR Bank Sleman di Kabupaten Sleman. Pengujian hipotesis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda dan uji determinasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Berdasarkan uji regresi berganda, hasil untuk ketiga variabel independen memiliki pengaruh terhadap keberadaan usaha mikro, tetapi pengaruhnya tidak terlalu kuat karena nilai R2 hanya 0.589. Sedangkan berdasarkan hasil uji parsial masing-masing variabel independen, hasil untuk Variabel Fasilitator adalah variabel yang memiliki kontribusi terbesar dengan nilai koefisien 2.260.

Kata kunci: Bisnis Mikro, Lembaga Keuangan Mikro, Keberadaan Bisnis


References


Ashari. 2006. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hidayat, H. Saidatul. 2006. Peran Lembaga Keuangan Mikro Terhadap Prestasi Industri Kecil Rumah Tangga di Kabupaten Merangin. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Andalas.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Karay, Jonathan Cosmus. 2012. Analisis Peran Lembaga Keuangan Mikro terhadap Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Jayapura (Studi Kasus BPR Nusa Intim Cabang Sentani). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 2, 32-48. Retrieved:https://studylibid.com/doc/624924

Kinnear, Thomas C, dan Taylor, James R. 2003. Riset Pemasaran. (Terjemahan oleh Thamrin). Edisi Tiga. Jakarta: Erlangga.

Singarimbun, Masri & Sofyan Effendi. 2009. Metode Penelitian Survei (Edisi Revisi). Jakarta: PT Pustaka LP3ES.




DOI: https://doi.org/10.37403/maker.v5i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

 Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

 maker@stiesultanagung.ac.id

Telp/Fax. (0622) 25626


P-ISSN: 2502-4434

E-ISSN: 2686-259X