PENGARUH IKLAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN PERSEPSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CAFÉ COFFEE TIME AND SEAFOOD PEMATANGSIANTAR

M. Yudha Prawira, Marisi Butarbutar, Sherly Sherly, Lora Ekana Nainggolan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. gambaran iklan, persepsi konsumen, dan minat beli ulang pada Cafe Coffee Time and Seafood Pematangsiantar; 2. pengaruh iklan terhadap persepsi konsumen pada Cafe Coffee Time and Seafood Pematangsiantar; 3. pengaruh persepsi konsumen terhadap minat beli ulang pada Cafe Coffee Time anda Seafood Pematangsiantar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. iklan, persepsi konsumen, dan minat beli ulang sudah baik; 2. terdapat pengaruh positif terhadap persepsi konsumen, kemudian terdapat pengaruh positif antara persepsi konsumen terhadap minat beli ulang; 3. terdapat hubungan kuat dan positif antara iklan terhadap persepsi konsumen, kemudian terdapat hubungan kuat dan positif terhadap minat beli ulang, kemudian dilihat dari koefisien determinasi menunjukkan tinggi rendahnya minat beli ulang dapat dijelaskan oleh iklan dan persepsi konsumen; 4. hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak, artinya iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen kemudian persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang secara parsial.

Kata kunci: Iklan, Persepsi Konsumen, Minat Beli Ulang


References


Daft, Richard L. 2002. Manajemen. Edisi Kedua. Cetakan kedelapan belas.Bogor: Grafika Mardi Yuanan.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong.2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid I.

Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi XIII, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid Pertama dan Kedua. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu.

Paul, Peter. J dan Jerry C. Olson, 2000, Consumer Behaviour : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, jilid 1 dan jilid 2, Jakarta : Erlangga.

Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Srategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit ANDI.




DOI: https://doi.org/10.37403/maker.v5i2.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maker: Jurnal Manajemen

Maker: Jurnal Manajemen is Indexed By:

            

         

 

Publisher:

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG
Jl. Surabaya No. 19 Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara
E-mail: maker@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Maker: Jurnal Manajemen by The Department of Management STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.