PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PD PASAR HORAS JAYA PASAR DWIKORA KOTA PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Fitri Yani Nasution Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Darwin Lie Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Fitria Halim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
  • Nana Triapnita Nainggolan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.37403/maker.v5i2.117

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor PD Pasar Horas Jaya Pasar Dwikora Kota Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 50 orang pegawai tetap PD Pasar Horas Jaya Pasar Dwikora. Data yang digunakan adalah data dengan cara kualitatif dan data kuantitatif, dan teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis dari regresi linier berganda: = 18,168 + 0,726X1 + 0,639X2artinya terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai. Hubungan ketiga variabel adalah kuat yaitu r = 0,726. Dari koefisien determinasi dapat dijelaskan baik buruknya kinerja pegawai  53%, dan sisanya 47% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil pengolahan dan perhitungan kuesioner, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa kecerdasan emosional dan komitmen organisasi pada Kantor PD Pasar Horas Jaya Pasar Dwikora Kota Pematangsiantar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis secara simultan, dimana hasil uji fhitung (26,259) > ftabel (0,05) dengan taraf signifikansi 0,000 < alpha 0,05.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai

References

Daft, Richard L. 2002. Manajemen, Jilid 1, edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Dessler, Gary. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jilid I. Jakarta: PT. INDEKS.

Handoko, T. Tani. 2000. Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Yogyakarta: Andi.

Moorhead, Gregory dan Ricky W. Griffin. 2010. Perilaku Organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Edisi kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Patton, Patricia. 2011. EQ Karir Sukses. Jakarta: Delapratasa.

Wirawan. 2014. Kepemimpinan. Cetakan 2 edisi pertama. Jakarta: Rajawali Pers.

Zainal, et. al. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi ketiga. Cetakan 7. Jakarta: Rajawali Pers.

Published

2019-12-28

How to Cite

Nasution, F. Y., Lie, D., Halim, F., & Nainggolan, N. T. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PD PASAR HORAS JAYA PASAR DWIKORA KOTA PEMATANGSIANTAR. Maker: Jurnal Manajemen, 5(2), 36–47. https://doi.org/10.37403/maker.v5i2.117

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>