PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KARYABHAKTI MANUNGGAL CABANG PEMATANGSIANTAR

Septia Wulandari, Darwin Lie, Liper Siregar, Ady Inrawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis: 1) Gambaran keselamatan dan kesehatan kerja dan kinerja karyawan PT Karyabhakti Manunggal Cabang Pematangsiantar, 2) Pengaruh variabel bebas terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun populasi sekaligus sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah sebanyak 48 responden yaitu karyawan PT Karyabhakti Manunggal Cabang Pematangsiantar. Variabel bebas pada penelitian ini adalah keselamatan dan kesehatan kerja dan variabel terikat adalah kinerja karyawan.Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linear sederhana, koefisien korelasi determinasi dan uji t.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Keselamatan dan kesehatan kerja berada pada kategori puas, kinerja karyawan pada kategori setuju. 2) Hasil pengujian regresi adalah = 9,073 + 0,550X, berarti keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. 3) Nilai kolerasi r= 0,671 yang artinya terdapat hubungan kuat dan positif antara keselamatan dan kesehatan kerja dan kinerja karyawan pada PT Karyabhakti Manunggal Cabang Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh keselamatan dan kesehatan kerja sebesar 45,0 %, 4) Hipotesis Ha diterima, artinya keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Karyabhakti Manunggal Cabang Pematangsiantar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.